cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana

Posted on

Mesin penetas telur memang sekarang ini semakin banyak sekali jenisnya, banyak inovasi dari para peternak untuk membuat mesin penetas telur dengan berbagai bahan. Mulai dari bahan stenlis, kayu, besi, sterofoam, sampai bahan yang paling sederhana sekalipun seperti kardus. Cara membuat mesin penetas telur dari kardus menjadi salah satu inspirasi yang mudah sekali dilakukan oleh semua peternak ayam.

Keuntungan Membuat Mesin Penetas Telur Sendiri

Banyak keuntungan yang Anda dapat apabila membuat mesin penetas telur sendiri. Diantaranya

  1. Menghemat biaya tentunya
  2. Mengetahui cara kerja mesin penetas telur
  3. Bisa mengatur sendiri kapasitas telur yang diinginkan
  4. Mendapatkan keuntungan lebih, sebab mesin penetas yang Anda buat bisa dijual kebeberapa orang yang membutuhkan.
  5. Mengetahui sendiri kekurangan dan kelebihan mesin penetas telur sederhana yang Anda buat.

Melihat beberapa keuntungan diatas pastinya Anda sudah mulai mencari banyak cara membuat mesin penetas telur. Kali ini kami akan berikan sedikit ide membuat mesin penetas telur sederhana dengan bahan kardus

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Dari Kardus

Pertama Anda harus persiapkan semua bahannya sebelum membuat mesin penetas telur ini, Bahannya cukup sederhana dan semuanya ada disekitar Anda.

  1. Kardus tebal dengan ukuran kurang lebih 40x40x40 cm
  2. Isolatif
  3. Lem
  4. Gunting dan Cutter
  5. Penggaris atau meteran

Itu merupakan bahan dasar saja, selain itu persiapkan juga komponen mesin penetas telur seperti lampu bohlam,usahakan lampu bohlam ini yang bermerk chiyoda sebab lampu merk ini panasnya pas dan tidak mudah putus. Jangan lupa juga siapkan kabel dan peralatan listrik lainnya.

Anda juga perlu termostat pengatur suhu, Bak air untuk kelembaban, serta termometer untuk indikator suhu. Kalau sudah siap semua berikut langkah membuatnya

  • Buatlah lubang ventilasi terlebih dahulu pada kardus yang sudah disiapkan. Ukuran lubangnya 6×6 cm untuk ventilasi atas dan  ventilasi bawah buat 4 lubang dengan masing-masing lubang diameternya 1 cm saja. Gambarannya seperti dibawah ini

cara membuat mesin penetas telur dari kardus

  • Setelah semuanya siap tahap selanjutnya yaitu memasang fitting lampu bohlam dan kabel tepat di posisi tengah-tengah persegi.
  • Kemudian Instalasi termostat, proses ini seperti Anda memasang sebuah saklar gantung pada bohlam. Skemanya seperti berikut ini

  • Setelah semuanya siap, buat dudukan telur yang beralaskan sekam dengan ketebalan kurang lebih 5 cm.

Mesin penetas telur sederhana dari bahan kardus sudah siap Anda coba. Mesin penetas telur dari kardus ini berkapasitas 30-40 butir telur, aturlah suhu ruangan terlebih dahulu sebelum telur dimasukkan, Baca artikel kami berikut cara mengatur suhu penetasan.

Jangan lupa juga memilih telur yang baik sebelum ditetaskan, sebab faktor keberhasilan saat penetasan juga dimulai dari telur itu sendiri. Selama proses penetasan kontrol selalu perkembangannya, cek termostat apakah sudah bekerja dengan baik dan setiap 3 jam sekali usahan bolak balik telur agar suhu bisa merata.

Faktor kelembaban juga harus Anda kontrol dengan baik, cek ketersediaan air di dalam nampan yang sudah disediakan tadi. Supaya lebih akurat, Anda bisa menggunakan higrometer untuk mengetahui naik turunya kelemban ruang mesin penetas telur.

Lakukan semuanya secara konsisten sampai telur siap menetas, periode penetasan telur ayam kurang lebih 21 hari. Berbeda dengan telur bebek, itik dan unggas lainnya yang mungkin membutuhkan waktu 25-28 hari.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus sangat mudah bukan? Anda bisa mencoba sendiri dirumah. Apabila banyak kesibukan dan tidak punya cukup waktu untuk membuat, Anda bisa membeli mesin penetas otomatis ataupun manual di penetasan.com

Kami menjual mesin penetas telur otomatis dan manual yang sudah terbukti efektif, angka keberhasilan penetasan bisa mencapai 90%. Informasi harga mesin penetas silahkan baca artikel kami berikut daftar harga mesin penetas telur otomatis dengan berbagai kapasitas.