cara mengatur suhu penetasan

Cara Mengatur Suhu

Posted on

Cara mengatur suhu penetasan telur yang benar pada mesin penetas telur baik itu yang otomatis maupun manual adalah syarat yang wajib dimiliki oleh seorang peternak yang ingin memulai usaha penetasan telur.

Sebab untuk mendapatkan keberhasilan dan daya tetas yang tinggi, cara pengaturan suhu adalah syarat yang paling mutlak untuk anda kuasai selain cara mengatur kelembapan, cara memilih telur yang bagus dan juga cara persiapan mesin sebelum penetasan.

Sebenarnya cara mengatur suhu mesin tetas adalah perkara mudah, namun menurut survey yang kami lakukan ternyata masih banyak peternak yang masih belum bisa untuk mengatur suhu penetasan ideal pada mesin penetas telur itu berapa.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda terutama yang ingin mencoba usaha baru dibidang penetasan telur ayam, bebek, burung ataupun puyuh, untuk mengetahui berapa sih suhu ideal yang tepat pada mesin penetas telur untuk penetasan??

Lantas berapa suhu penetasan telut ayam, burung, itik dan bebek idealnya? Simak pada tabel pengaturan suhu peneetasan dan juga kelembapan yang ideal dibawah ini!!

Tabel Suhu dan Kelembapan Penetasan Telur Yang Ideal

Jenis Unggas

Suhu Penetasan

Kelembapan Penetasan

Masa Penetasan

Ayam37 - 38 °C50 - 60 %21 Hari
Bebek37 - 38 °C80 - 85 %28 Hari
Puyuh36 - 37 °C65 - 70%18 Hari
Burung Kenari34° - 35°C60 - 64 %14 Hari
Burung Love Bird36° - 37°C65 - 70%14 Hari
Burung Murai37.4°C80 - 85 %11 Hari
Burung Jalak37.4°C65 - 70%10 Hari

Jadi sebenarnya suhu ideal penetasan telur yaitu di antara 34-38°C. Jika anda menggunakan mesin penetas telur otomatis maupun manual dari olshop kami maka pengaturan suhu seperti di atas akan sangat mudah anda lakukan. Sebab cukup dengan mengatur thermostat, suhu akan stabil secara otomatis.

Baca selanjutnya: harga thermostat capsul

Cara Mengatur Suhu Pada Mesin Tetas Agar Hasil Penetasan Lebih Maksimal

Suhu penetasan telur secara umum menunjukkan angka sekitar 38 ° C dengan rata-rata suhu tertingginya yaitu sekitar 39°C  tergantung jenis telur apa yan gakan anda tetaskan. Nah, jika anda inginkan hasil penetasan yang maksimal, maka pengaturan suhu sudah tepat dan optimal.

Kenapa suhu harus optimal?? Hal itu karena suhu merupakan salah satu faktor fisik yang menentukan keberhasilan proses inkubasi atau penetasan telur.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menentukan berapa suhu optimal sehingga mampu menghasilkan daya tetas tertinggi. Berapa suhu optimal penetasan telur? sudah kami jelaskan secara detail pada table suhu dan kelembapan yang ideal untuk penetasan telur ayam, bebek, burung dan jenis unggas lainnya di atas.

Berikut kami berikan cara mengatur suhu mesin penetas telur agar penetasan lebih maksimal:

  • Anda bisa gunakan thermometer yang sudah tersedia pada saat anda membeli mesin tetas telur dari kami.
  • Setelah itu anda nyalakan mesin dengan tekan tombol on
  • Kemudian anda bisa masukkan thermometer kedalam mesin
  • Lalu tunggu beberapa saat sampai pemanas (lampu) mati dan cek apakah suhu sudah menunjukkan angka maksimal pada 38°C atau belum? Jika iya, maka anda bisa biarkan saja posisi thermostat kapsul pada posisi awal. Dan jika suhu belum mencapai angka suhu maksimal yaitu 38°C, maka anda bisa menaikkan suhu dengan cara memutar thermostat agar semakin menjauh dari saklar.

Bagaimana cukup mudah bukan? Ini akan lebih mudah lagi jika anda langsung mempraktekkannnya dengan membeli mesin penetas telur dengan kualitas nomer satu se Indonesia raya di olshop kami.

Tak hanya itu saja, berikut juga kami berikan note agar pengaturan suhu penetasan telur lebih akurat dan hasil lebih maksimal.

Note:

  • Jika mengingat pembacaan suhu tidak mungkin 100% akurat karena hanya menggunakan pembacaan suhu secara analog atau yaitu menggunakan thermometer kayu. Nah untuk mengatasinya maka anda bisa berikan toleransi penyimpangan suhu yaitu sekitar 0,5°C. Sebab dengan batas tersebut masih bisa ditoleransi untuk menetaskan telur.

Baca selanjutnya: thermometer ruangan mesin penetas

Hanya Karena Suhu Telur Jadi Gagal Menetas Dengan Mesin Penetas Telur

Sebaiknya baca betul betul panduan pengaturan suhu ruang penetasan telur dengan mesin tetas. Sebab untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka saat mengoperasikan mesin tetas telur, suhu penetasan telur harus stabil dan harus juga dilakukan pengontrolan secara teratur.

Dan selama proses penetasan telur suhu penetasan dan pengeraman bisa jadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jadi ini bisa anda lakukan untuk cek secara berkala. Meskipun mesin otomatis tapi, anda juga harus tetap cek secara berkala, untuk memastikan suhu tetap stabil sampai masa penetasan.

Berikut beberapa masalah yang mungkin terjadi saat suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, menjadi masalah saat masa pengeraman yaitu usia 5 sampai 18 hari untuk telur ayam:

  • Walaupun embrio dapat tumbuh dengan sempuma, namun paruhnya tidak berada dalam kantung udara sehingga kondisi anak ayam yang menetas menjadi tidak baik misalnya matanya tertutup selaput dan menyebabkan kebutaan pada anak ayam.
  • Suhu pengeraman yang tinggi, juga bisa menyebabkan embrio mati lebih awal
  • Tak hanya itu saja, bahkan suhu yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan telur menetas lebih awal dan biasanya embrio yang terlalu dini meretakkan (pipping) kerabang telur. Selain itu, anak ayam yang menetas pun bulunya pendek.
  • Dapat menyebabkan anak ayam terlambat menetas.
  • Dapat mengakibatkan anak ayam yang menetas, mengalami pusar yang basah dan tidak menutup dengan baik.
  • Membuat kondisi anak ayam yang menetas juga akan kurang baik seperti misalnya tubuh lembek dan jari-jari kaki bengkok.

Cara mengatasi masalah suhu pada mesin penetas telur bagaimana?? Anda bisa atur ketinggian termostat untuk mendapatkan suhu idealnya. Untuk caranya sudah kami berikan di atas tadi pada Cara Mengatur Suhu Pada Mesin Tetas Agar Hasil Penetasan Lebih Maksimal”

info:

  • Selalu cek kedaan dan kelayakann mesin sebelum melakukan prosses penetasan
  • Selalu cek telur atau bibit sebelum ditetaskan
  • Amati kebersihan mesin yang akan anda gunakan karena bakteri atau kotoran bisa saja menjadi penyebab gagalnya penetasan
  • Cek suhu penetasan yang benar sesuai petunjuk yang sudah kami berikan di atas
  • Nyalakan mesin selama 1 sampai 2 jam sebelum penetasan agar bisa di cek berapa suhu ruangan yang akan digunakan
  • Belilah mesin penetas telur otomatis maupun manual hanya di olshop kami, karena kami juga menjual sparepart khusus mesin penetas telur segala tipe dan jenis.

Terimakasih, semoga cara mengatur suhu penetasan pada mesin penetas telur otomatis dan manual yang kami berikan diatas dapat membeikan sedikit tambahan pengetahuan bagi anda yang membacanya. Semoga bermanfaat dan salam sukses buat pertenak di Indonesia. Maju jaya di udara!!!

Jangan lupa share ya