cara merawat ayam petelur

Cara Merawat Ayam Petelur

Posted on

Cara merawat ayam petelur yang benar agar ayam mampu bertelur setiap harinya sangatlah penting untuk dilakukan oleh setiap industri peternakan maupun pemilik usaha pribadi.

Hal itu karena dengan menejemen khusus perawatan ayam petelur yang tepat maka kuantitas serta kualitas telur yang dihasilkan pasti akan lebih tinggi dan otomatis pundi-pundi rupiah pun akan di dapat serta usaha akan semakin berkembang pesat.

Anda sudah harus mulai menyiapkannya mulai dari sebelum bibit anak ayam datang menempati kandang baru yang dibuat.

7 Tips Persiapan Kandang Ayam Petelur

cara merawat ayam petelur agar bertelur setiap hari

Setidaknya anda harus melakukan beberapa tips persiapan kandang ayam petelur berikut agar hasil yang anda dapatkan bisa lebih maksimal dan tidak banyak bibit anak ayam petelur yang baru datang tidak strees dan mudah mati.

  • Anda bisa siapkan kandang dengan keadaan yang kering,
  • Peralatannya juga harus bersih,
  • Atur juga suhu kandang agar sesuai dengan usia ayam
  • Usahakan dan pastikan tempat air serta makanan terisi penuh atau tercukupi
  • Buat lantai yang di tutup berisi alas kering
  • Berikan ventilasi yang tepat agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik
  • Cek juga kelembaban kandang
  • Sesuaikan ukuran kandang dengan banyaknya doc ayam petelur yang akan diproduksi

Nah,,jika anda sudah melakukan beberapa cara diatas berarti sekarang anda sudah siap menempatkan anak ayam (DOC) untuk di besarkan.

Dan jika anak ayam (DOC) sudah siap, maka anda bisa mulai memindahkannya dari kotak pengiriman kemudian meletakkannya di kandang yang hangat secara perlahan dan lembut.

*NB: jangan akan dan di jatuhkan dengan kasar karena dapat melukai anak ayam dan membuatnya cacat bahkan stress lalu mati.

Selain itu, anak ayam atau DOC yang masih kecil juga wajib mendapat banyak makanan serta air sesegera mungkin setelah di letakan di kandang.

Anda bisa menyediakan paling sedikit empat sampai lima tempat minum ayam dan tempat makan ayam berukuran satu quart atau kurang lebih satu liter untuk setiap 100 anak ayam.

Untuk minggu pertama merawat anak ayam petelur memang membutuhkan usaha dan proses yang intensif hal ini karena bibit ayam petelur masih mudah stress dan mati.

Jadi Anda haruslah menjaga lebih ekstra DOC ayam petelur tersebut pada minggu-minggu pertama dengan lampu pemanas, serta memonitor terus suhu mereka serta memastikan makanan dan air senantiasa tercukupi.

Anda harus menurunkan suhu setiap minggunya sampai DOC ayam petelur tersebut sudah merasa nyaman pada suhu di luar.

Baru kemudian setelah itu anda bisa melepaskan lampu pemanas dan memindahkan DOC yang sudah tumbuh kekandang utama agar siap untuk bertelur.

Cara Merawat Ayam Petelur Agar Hasil Maksimal

cara agar ayam bertelur setiap hari

Jika membesarkan anak ayam petelur pada usia sehari sangatlah sulit di sarankan bagi anda membeli pullet ataupun ayam dara.

Dibawah kami ada beberapa pedoman ataupun tips dan cara yang mungkin dapat sedikit membantu Anda agar pertumbuhan anak ayam telur pada masa pertumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Berikut caranya:

  1. Usahakan kandang memiliki ruangan memiliki ruang sekitar 25 m2 sampai 100 m2 untuk setiap 100 ayam petelur atau setidaknnya 0,2 sampai 0,3 m2 per ekor ayam.
  2. Pastikan minuman senantiasa tercukupi dengan baik. Untuk menjaga pertumbuhan ayam petelur, air haruslah segar serta tetap dingin
  3. Pastikan makanan juga tercukupi serta nutrisi pakan DOC karena ini sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak ayam atau bibit ayam petelur yang akan diproduksi nantinya.
  4. Perhatikan suhu dan kelembaban kandang. Hal tersebut menjadi sangat penting karena saat musim panas ayam petelur lebih nyama jika di tempat yang teduh aau sejuk.
  5. Anda juga bisa melakukan pemisahan ayam petelur muda dan ayam petelur yang lebih tua. Hal ini karena akan menolong anda dalam mengurangi kemungkinan menyebarnya penyakit ke ayam serta dapat mengurangi kemungkinan ayam mati karena tidak mendapatkan jatah makanan dan minuman yang cukup karena kalah seniorita dari ayam yang lebih tua.
  6. Anda juga bisa melakukan pencegahan parasite seperti penyakit cacing yang bisa juga di tularkan melalui obat atau makan yang menjadi asupan DOC. Anda bisa buat pengelolaan sanitasi yang baik supaya dapat membantu mengurangi terjangkitnya parasite pada anak ayam petelur.
  7. Lakukan perlindungan ekstra anak ayam petelur tersebut dari musuhnya dan jangan biarkan hewan pemangsa seperti tikus, kucing maupun hewan pemangsa lainnya memasuki bangunan kandang tempat ayam petelur. Terutama pada waktu malam hari ini sangat rawan.

Bagaimana sudah cukup jelas bukan tips atau cara merawat ayam petelur pada masa pertumbuhan agar hasil maksimal dari penetasan.com diatas.

Semoga cara merawat ayam petelur kami dapat sedikit membantu Anda dalam merawat anak ayam petelur sehingga bisa menghasilkan telur steiap hari diwaktu besarnya nanti.

Selamat mencoba dan Terimakasih sudah berkunjung pada blog kami ini.

Kami menyediakan mesin penetas telur otomatis bagi anda mitra peternak dan calon pengusaha sukses yang baru memulai usaha maupun ingin mengembangkan ushanya mulai tahun ini.

Kami menyiapakan khusus mesin penetas telur otomatis berbagai jenis dan tipe untuk membantu melancarkan usaha peternakan anda.

Cek harga mesin penetas telur otomatis dan spesifikasinya disini <–

Salam sukses peternak indonesia.

Jangan lupa share ya