cara merawat doc yang benar

Cara Merawat DOC

Posted on
Day Old Chick atau anak ayam atau sering kita sebut dengan DOC merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan.  Oleh karenanya maka kita wajib memperhatikan lebih terhadap anak ayam yang berada dalam rentan waktu ini terutama yang masih berumur dalam jangka waktu dua minggu dalam menetas telur ayam. Hal yang paling di perhatikan yaitu cara merawat doc itu sendiri.
Kenapa kami bilang dalam waktu ini adalah masa rentan??
Sebab apabila pemeliharaannya tidak benar, maka akan membuat bobot badan pada minggu pertama mencapai target minimal pertumbuhan 4 kali bobot badan anak ayam.
Atau tidak akan mencapai kelanjutan ternak pada umur 1-14 hari maka akan mengalami kegagalan.
Hal tersebut karena DOC yang kita rawat memiliki gejala sebagai berikut.
  • DOC bobot badannya tidak rata / seragam
  • DOC memiliki kualitas hidup yang Lemah
  • DOC bobot badannya di bawah standard yang diinginkan
Oleh sebab itu maka perawatan DOC yang baru kita peroleh perlu di tingkatkan terutama di umur-umur awal.

Cara Merawat DOC Ayam Yang Baik dan Sehat

tips merawat doc

Di bawah ini ada cara merawat doc yang sederhana dari kami agar mendapatkan bibit ayam yang bagus dan kita bisa menjualnya dan harga jual yang tinggi.
Berikut tipsnya:
  1. Pemberian dengan asam amino + Multivitamin + anti-stress +, bisa diusahakan diberikan selama 7 (tujuh) hari berturut-turut.
  2. Berikan air yang diberikan gula 2,5% pada hari pertama.
  3. Pada saat sudah berumur 7 hari maka berikan air minum yang direbus dulu sampai mendidih waktu perebusan sendiri sekitar + 10 menit.
  4. Berikanlah pakan preestarter bisa di lakukan 14 hari selama berturut-turut dan jangan di aduk dengan campuran makanan lain
  5. Suhu untuk memanaskan kandang yang diberikan pada anak ayam umur 1 – 3 hari adalah 33 – 35 derajat celcius ,cek kembali apakah suhu tubuh anak ayam seharusnya 40 derajat , dan kemudian untuk umur 4 -7 hari tidak kurang dari 30 – 32 derajat celcius untuk mengetahui berapa suhu yang ideal agar anak ayam tumbuh sesuai target yang diinginkan lihat tulisan berikut ini Suhu Kandang untuk Anak Ayam .
  6. Dan 12 jam Sesudah ayam di bongkar dari box pembelian semua anak ayam harus sudah makan. Apabila kondisi itu tidak tercapai tempat pakan bisa di ganti dengan lebih steril,Sehari bisa diberi sebanyak 3 kali.
  7. Untuk pemberian pakan doc sendiri di berikan dengan sedikit- sedikit tapi untuk frekuensinya harus sering yaitu tiap 2 jam.
  8. Anak ayam(DOC) pada umur 1-7 hari berikan penerangan yang cukup untuk anak ayam dengan lampu pijar untuk dosisnya 20-40 lux, minimal penerangan 17 jam perhari agar anak ayam bisa mengenal lingkunagnnya.
Diatas tadi adalah tips cara merawat doc ayam dari kami kepada anda tentang bagaimana perawatan DOC atau anak ayam yang baru menetas sampai 7 hari semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda dan akan mendapatkan bibit DOC yang berkualitas dan bisa mengembangkan bisnis anda semoga berhasil salam sukses. [penetasan.com]
Jangan lupa share ya