elemen pemanas

Ini Dia Beberapa Elemen Pemanas Terbaik yang Wajib Di Ketahui !!

Posted on

Hallo gan, untuk Anda yang sedang mencari sebuah referensi mengenai elemen pemanas dengan kualitas terbaik dan juga tentunya memiliki daya hantar yang sangat tinggi, berarti merupakan sebuah keputusan yang tepat Anda berkunjung di penetasan.com.

Karena pada artikel kali ini kami akan memberikan sebuah pengetahuan seputar elemen  panas yang biasa di gunakan setiap hari oleh manusia. Elemen pemanas biasanya digunakan oleh perseorangan ataupun pabrik industri.

Jika Anda sudah mengetahui tentang informasi ini, tentu Anda bisa juga mendapatkan pengetahuan untuk membuat atau membeli sebuah elemen pemanas yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan produktivitas yang Anda lakukan setiap hari.

Nah berikut adalah beberapa elemen pemanas atau biasa disebut dengan heater (heating element) yang perlu Anda ketahui dan bisa digunakan sesuai dengan bentuk ataupun jenis dari elemen tersebut.

Daftar Elemen Pemanas Terlaris Tahun ini

#1 Coil Heater

elemen pemanas coil heater

elemen yang satu ini memiliki sebuah bentu yang terkesan telanjang karena memang tidak tertutup isolator ataupun pipa selongsong pada bagian badannya. Elemen ini sendiri sangat cocok digunakan untuk memanaskan udara. Karena Suhu panas yang dihasilkan dari coil heater ini langsung di transfer keudara sekitarnya.

Jika Anda ingin melakukan sebuah pemasangan heater jenis ini bisa menggunakan support (pegangan) dengan bahan isolator listrik yang tahan terhadap suhu panas tinggi seperti : keramik, mika atau asbes. Pemanas tipe ini juga cocok banget untuk di gunakan pada kompor listrik, oven, dan juga tungki dimana media tersebut akan di panaskan secara tidak langsung mengenai gulungan coil heater tersebut

#2 Infra Red Heater

infra red heater

elemen pemanas terbaik yang kedua adalah Infra RED heater yang merupakan sebuah Coil niklin yang dicor bersama -sama bahan ceramik.  Pemanas tipe ini biasanya digunakan sebagai sumber panas radiasi, dimana guna dari lapisan gramik di heater ini berfungsi sebagai reflektor.

elemen pemanas ini sangat cocok banget di gunakan untuk memanaskan sebuah benda dengan permukaan yang mengkilap seperti keramik, cat dan beberapa benda dengan permukaan yang mengkilap lainnya. Karena pemanas ini memiliki sifat yang bisa membuat daya kilap sebuah benda ketika dipanaskan akan tetap terjaga

#3 Silica & Infra fara Heater

elemen pemanas silica infra fara

Coil atau gulungan pemanas yang ada pada heater ini di masukan kedalam sebauh pipa yang biasa terbuat dari bahan silica atau black body ceramik yang biasanya dikedua ujung nya terdapat sebuah terminal baut yang berfungsi sebagai input power listrik  lalu ditutup oleh dop keramik.

Fungsi dari pemanas ini biasanya sebagai sebuah infrared heater yang biasa digunakan sebagai pemanas telur ayam, serta pemanas masakan di beberapa restoran cepat saji yang biasa Anda kunjungi.

#4 Quartz Heater

quartz heater

Elemen pemanas jenis ini memiliki daya panas di gulung diatas batangan keramik sehingga kedua termina  yang dimiliki heater ini ada pada satu sisi saja. Elemen panas ini kemudian gulungan ini dimasukan ke dalam tube berbahan Quartz atau biasa disebut dengan silica.

Keguanaan dari pemanas ini biasanya digunakan untuk membuat dan mencarikan sebuah cairan kimia yang tidak terlalu memerlukan suhu yang tinggi. Sehingga cairan kimia tersebut akan berada di titik aman pencairan dengan suhu yang optimal

#5 Tubular Heater

tubular heater elemen pemanas

Elemen pemanas yang kelima adalah tubular heater yang memiliki banyak sekali bentuk dan kegunaan yang bisa bermanfaat bagi kegiatan dan pekerjaan yang manusia lakukan setiap hari. Salah satu dari kelebihan dari elemen pemanas ini adalah dapat memanaskan udara dan juga cairan. Nah bentuk dari terminal elemen panas ini juga memang sudah di design secara khusus untuk memanaskan sebuah cairan.

Elemen pemanas ini juga sangat sering sekali dugunakan untuk memanaskan air keran yang akan digunakan ketika mandi. Sehingga kamu akan mendapatkan air hangat dan suhu yang bisa di atur. Yang paling berguna dari jenis elemen pemanas ini adalah dapat memanaskan air dengan termos portabel yang dihubungkan dengan daya listrik seperti di hotel – hotel dan cafe.

Ada juga beberapa kegunaan dari pemanas ini adalah biasanya digunakan pada pintu – pintu dan beberapa bagian di mesin pendigin agar tidak terlalu membeku sehingga mesin pendingin tersebut mudah di buka. Karena panas yang dirambatkan melalui udara dan juga cairan, jenis elemen pemanas ini bisa sangat bermanfaat banget.

#6 Band Heater & Nozzle Heater

elemen pemanas band and nozzle heater

Elemen yang satu ini biasa digunakan untuk memanaskan sebuah tabung ataupun pipa. Band heater ini dilengkapi baut pengunci pada plat sabuknya. Selain band heater, pemanas tabung lainnya yaitu nozzle heater.

Nozzle memiliki diameter yang lebih kecil sekitar 50 mm. Kedua elemen pemanas ini sering digunakan untuk mesin ijection plastik dan juga mesin extruder, jadi band heater dipasang pada barrelnya dan ujung keluaran cairan plastik di pasang nozzle.

#7 Finned Heater

Elemen yang satu ini merupakan pengembangan bentuk lain yang dasarnya dirancang dari tubular heater. Pemanas ini dikembangan dengan memberikan sirip yang bahannya terbuat dari stainless stell dengan ukuran 10 mm.

Elemen pemanas yang satu ini paling cocok digunakan untuk pemanas udara dan sering digunakan dalam perakitan blower supaya panas yang dihasilkan maksimal dan merata baik itu didalam ataupun diluar ruangan. Selain itu sering juga digunakan untuk mesin pengering seperti oven dan juga lainnya.

#8 Immersion Heater

Immersion Heater banyak digunakan secara luas pada pabrik industri dan bahkan di rumah tangga. Elemen ini dipasang pada tangki ataupun wadah yang gunanya untuk memanaskan cairan minyak dan juga bahan kimia.

Pemanas ini terdiri dari 1 atau mungkin lebih tubular heater yang memiliki bentuk u form dan dipasang pada flans bulat ataupun persegi empat.

Itu dia beberapa elemen pemanas yang biasa digunakan sebagai alat pemanas yang biasanya sangat berguna sekali untuk kehidupan manusia.

Masih ada beberapa pemanas lain seperti strip heater, ceramic heater, step mica, catridge heater, cast in heater yang semuanya memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing.

Ada beberapa manfaat elemen pemanas yang memang dibuat untuk keperluan sehari – hari, contohnya untuk pemanas air, dispenser, oven, sterika dan masih banyak lainnya. Selain itu juga pemanas banyak di gunakan untuk keperluan industri. Berikut beberapa manfaatnya yang bisa kamu ketahui di bawah ini

Manfaat utama dari elemen pemanas yang sering di gunakan oleh manusia untuk membatu pekerjaanya

Untuk Pemanas Air

Nah yang pertama adalah sebagai pemanas air yang sangat praktis entah itu untuk kebutuhan mandi atau sebagai kebutuhan membuat kopi dan beberapa minuman lainnya yang memerlukan air dengan suhu yang cukup panas. Hal ini sangat memudahkan manusia karena tidak perlu memasak air secara manual menggunakan api terlebih dahulu untuk mendapatkan air yang panas

Elemen Pemanas Untuk Makanan di Restoran Cepat Saji

Jika kamu sering berkunjung ke tempat makan junk food seperti KFC atau MCDonald yang biasanya ayam disana selalu hangat padahal sudah di masak sejak tadi pagi. Nah hal tersebut sangat terbantu oleh hadirnya elemen pemanas yang ada di rumah makan tersebut. Hal ini juga bisa membuat kamu menikmati hidangan hangat yang gurih tanpa perlu menunggu waktu yang lama dalam penyajian makanan tersebut.

Elemen Pemanas Ruangan

Pernahkan Anda merasakan iklim jepang dan beberapa negara lainnnya yang merasakan musim dingin. Setiap rumah disana biasanya terdapat sebauh mesin dengan elemen pemanas yang bisa memanaskan udara sekitar, sehingga walaupun musim dingin suhu ruangan akan tetap hangat karena elemen pemanas ini dapat menghantarkan panas melalui udara.

Elemen Pemanas Untuk Mesin Penetas Telur dan Pemanas Ayam

Ketika Anda mempunyai sebuah peternakan ayam, tentu ingin melakukan sebuah penetasan telur ayam dengan jumlah yang banyak dan juga bisa menghasilkan anak ayam dengan kualitas terbaik kan?. Telur ayam akan memiliki kualitas terbaik apa bila berada di suhu yang hangat nya pas sesuai dengan suhu yang direndami oleh ayam betina.

Nah hal ini tentu memerlukan sebuah elemen pemanas yang bisa memanaskan udara dan permukaan telur agar kualitas terlur tersebut ketika menetas sangat baik dan tidak memiiki cacat sama sekali. Selain itu juga sangat di butuhkan untuk pemanas ayam setelah menetas. Maka dari itu peran Elemen pemanas dalam industri peternakan ayam petelur sangat urgent banget.

Itu dia beberapa informasi mengenai jenis elemen pemanas, dan beberapa kegunaannya yang bisa Anda ketahui dan manfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan dan produktivitas yang biasa di lakukan setiap hari

Jangan lupa share ya