hygrostat untuk mengatur kelembaban mesin penetas telur

Higrostat Untuk Kelembaban

Diposting pada

Selain Thermostat untuk mengatur suhu dalam mesin penetas telur baik itu mesin penetas telur manual maupun mesin penetas telur otomatis, sebenarnya terdapat lagi alat yang tak kalah vital juga fungsinya yaitu hygrostat.

Jika termotat untuk pembacaannya menggunakan thermometer, nah hygrostat ini menggunakan alat yang namanya hygrometer untuk membacanya. Jadi, beda komponen atau alat berbeda pula fungsi, dan alat bacanya.

Apa itu hygrostat? Apa saja fungsinya untuk penetasan telur? Simak selengkapnya dibawah ini ya gan!!!

Apa Itu Hygrostat ?

Hygrostat adalah alat atau perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengatur suatu kelembaban pada mesin penetetas telur. Alat ini dapat mengatur naik atau turun kelembapan sesuai dengan batas kelembaban yang kita kehendaki.

Untuk cara kerja dari alat ini sebenarnya hampir sama dengan thermostat digital. Jika thermostat mengontrol suhu dengan mematikan Lampu / Pemanas yang merespon perubahan suhu. Maka higrostat mengontrol humidifier/alat kabut untuk meningkatkan kelembaban pada mesin penetas telur yang akan anda buat.

Jadi, menurut kami selain termostat yang dapat mengatur naik turunnya suhu secara otomatis, alangkah lebih baikknya jika mesin penetas telur otomatis Anda juga dilengkapi dengan hygrostat yang dapat mengatur kelembapan ruang mesin penetas telur anda secara otomatis dan lebih akurat.

Kenapa harus hygrostat? Karena kita berada di iklim indonesia yang cukup mendukung untuk mengatur kelembapan dalam mesin tetas. Jadi berbeda seperti negara Eropa yang biasanya jika musim dingin akan terasa sangat dingin, bisa sampai turun salju dan jika musim panas akan terasa sangat panas, maka akan sangat sulit mengontrol kelembapan udara disana.

Catatan:

  • Sebenarnya jika mesin tetas telur yang akan anda miliki kapasitas maksimal 200 butir maka anda tidak wajib hukumnya menggunakan alat pengatur kelembapan atau hygrostat ini, anda bisa ngatur kelembapannya menggunakan nampan yang berisi air dan di isi spon basah, Selain itu anda juga bisa memberi ventilasi untuk sirkulasi udara pada mesin penetas telur yang anda gunakan.

Dan jika Anda berniat untuk membuat mesin penetas telur dengan kapasitas besar, amat sangat kami sarankan untuk menggunakan alat pengatur kelembaban otomatis yaitu hygrostat, agar proses pengontrolan kelembaban pada mesin penetas telur Anda jadi lebih mudah dan akurat.

Jika Anda inginkan alat untuk mengatur kelembaban secara otomatis atau hygrostat, maka anda tidak perlu bingung lagi mencarinya sebab kini telah banyak dipasaran berdar dipasaran. Ingin tahu apa merk hygrostat paling laris atau banyak digunakan tahun ini? Lihat dibawah ini saja gan!!!

Hygrostat Paling Laris di Pasaran Tahun ini

Ada beberapa merk hygrostat yang bisa Anda gunakan untuk pengaturan suhu dan juga kelembaban. Semua merk ini memiliki manfaat yang sama, ada yang simple ada juga yang rumit pengaturannya.

Dan di bawah ini kami ada beberapa rekomendasi merk higrostat yang paling laris beserta spesifikasi lengkapnya

  • Hygrostat WILLHI WH 8040

Kelebihan hygrostat merk WILLHI WH 8040 ini mengadopsi dengan sensor akurasi tinggi dan chip impor yang memiliki kinerja lebih stabil dan tahan lama untuk penggunaan jangka lama.

wh 8040

ModelSpesifikasiHarga
WH8040Power supply: AC 220 V
Tipe Sensor: HM40
Relay titik kontak saat ini: AC 5A/220 V
Rentang pengukuran kelembaban: 1%- 99%
Kontrol kelembaban range: 1%-99%
Alat ukur kelembaban kesalahan: 3%
Kontrol Akurasi: 1%
Suhu kerja: 0 -50 ° C
Suhu penyimpanan:-10 -60 °
Ukuran: 8.5x7.5x3 cm/3.35x2.95x1.18 inch
Rp. 475.000
  • STC 3208

Nah hygrostat yang tipe merupakan produk yang sedang ngehits. Ini ada beberapa kelebihannya

Bisa mengontrol suhu dan kelembaban pada waktu yang sama.

Dapat terhubung dengan pendingin ataupun pemanas, dan dehumidifier peralatan seperti mist maker pembuat kabut pada waktu yang sama.

Pemanasan dan juga pendinginan bisa diatur secara terpisah

Mendukung Suhu dan Kelembaban Kalibrasi

Terdapat dual display yang dapat menampilkan suhu dan juga kelembaban pada saat yang sama

higrostat stc 3208

ModelSpesifikasiHarga
STC 3208Power Supply : AC 110-220V, 50 / 60Hz
Suhu Kerja : -20 ° C - 80 ° C
Rentang kelembaban: 0% RH-100% RH
Tingkat akurasi: ± 1 ° C untuk suhu, 0,1% RH untu kelembaban
Relai kapasitas kontak keluaran: 10A
Kabel sensor terintegrasi, panjang garis 1 meter
Rp. 190.000

Cara setting

a. Pengaturan suhu

Tekan dan tahan tombol up 1 selama 3 detik sampai layar berkedip-kedip,setelah itu tekan tombol up 1 Atau down  1 untuk mengatur suhu minimal.

Tekan dan tahan tombol down 1 selama 3 detik sampai layar berkedip, setelah itu tekan tombol up  1 atau down 1 untuk mengatur suhu maksimalnya.

b. Pengaturan kelembaban

Tekan dan tahan tombol up 2 selama 3 detik sampai layar berkedip-kedip,setelah itu tekan tombol up 2 Atau down  2 untuk mengatur kelembaban minimal.

Tekan dan tahan tombol down 2 selama 3 detik sampai layar berkedip, setelah itu tekan tombol up 2  atau down 2 untuk mengatur kelembaban maksimalnya.

  • Hygrostat SHT 2000

Higrostat model ini hampir sama seperti tipe yang nomor 2 tadi. Cuma beda di cara setting dan tentunya spesifikasinya

sht 2000

ModelSpesifikasiHarga
SHT 2000Power Supply : AC 110 230V 50/60Hz
Suhu Kerja : -20-60°C
Rentang kelembaban: 0%-100%RH
Tingkat akurasi suhu : 0.3 °C
Tingkat akurasi kelembaban: 3%
Output power MAX 10A
Rp. 200.000

Cara setting :

Higrostat tipe ini memiliki tombol  ▲ ▼ dan △ ▽. Berikut cara settingnya

a.Pengaturan suhu

Pengaturan awal : Tekan dan tahan tombol ▲ sampai berkedip. Gunakan tombol ▲ ▼ untuk mengatur nilai suhu awal.

Pengaturan maksimal: Tekan dan tahan tombol ▼ sampai berkedip. Gunakan ▲ ▼ untuk mengatur nilai suhu stop.

b. Pengaturan kelembaban

Tekan dan tahan tombol △ sampai berkedip untuk nilai awal kelembaban. Atur nilai kelembaban dengan tombol △ ▽.

Kemudian Tekan dan tahan tombol △ sampai berkedip untuk nilai kelembaban maksimal, dan atur nilainya dengan tombol △ ▽.

Apakah bisa digunakan untuk mesin penetas kapasitas kecil?

Bisa juga, Kalau rekomendasi dari kami alat ini bisa Anda coba pada mesin kapasitas 100, 200 telur sampai kapasitas yang besar.

Hygrostat apa hanya untuk mesin penetas telur saja?

Tentu tidak, alat ini bisa digunakan pada pabrik industri kayu untuk menentukan kadar air kayu. Kemudian bisa juga digunakan pada tanaman hidroponik, dan bahkan Badan Meteorologi juga menggunakan alat ini untuk memantau pola cuaca.

Jangan lupa share ya