jenis ayam petelur dipasaran saat ini
jenis ayam petelur dipasaran saat ini

Jenis-Jenis Ayam Petelur

Posted on

Ayam petelur adalah komoditas peternakan yang paling banyak diminati oleh masyarakat dan di bawahnya disusul oleh ayam pedaging dan ayam aduan. Ayam petelur banyak diminati karena selain harga telur yang mahal, cara budidaya jenis ayam petelur juga cukup mudah dan sederhana lho untuk dilakukan.

Secara umum ayam petelur petelur bisa menghasilkan 70 sampai 85 butir telur ayam setiap bulannya.

Bagaimana cukup besar bukan? Bayangkan saja, jika anda memiliki 2000 ekor ayam petelur dalam kandang. Pasti anda akan memiliki untuk yang cukup besar setiap bulannya.

Nah, jika anda ingin coba bisnis baru dengan budidaya ayam petelur. Kami memiliki beberapa tips atau cara yang perlu anda perhatikan agar mendapaytakan hasil telur yang berkualitas dengan kuantitas yang melimpah.

Bagaimana caranya? Simak tips kami dibawah ini ya..

Cara Agar Ayam Petelur Tetap Produktif Menghasilkan Telur

Punya peranakan ayam yang bertelur banyak bukan jaminan utama anda mendapatkan untung besar dalam bisnis ayam petelur. Beberapa faktor lain seperti usianya, makanannya, serta akses terkena sinar matahari juga perlu untuk anda perhatikan.

Dan berikut kami berikan beberapa cara budidaya ayam petelur yang harus anda perhatikan:

1. Pakan Ayam

Perhatikan kualitas pakan dari ayam petelur anda jika inginkan hasil produksi telur ayam anda melimpah.

Selain itu anda juga perlu siapkan sekitar 20 gram protein untuk ayam setiap harinya. Anda bisa gunakan pakan yang kami rekomendasikan yaitu layers pellets yang didalamnya banyak terkandung mineral alami, protein, dan nutrisi yang bagus untuk ayam petelur.

2. Pencahayaan Kandang Ayam

Selain pakan, pencahayaan yang baik akan membuat ayam peteur anda lebih nikmat menjalani hidupnya selama di peternakan. Sebab, jika ayam yang tidak akan bertelur dengan kualitas dan kuantitas yang besar jika dalam keadaan strees.

3. Usia Ayam

Anda tak bisa mengotak-atik soal faktor usia ini, karena itu sudah hak yang maha kuasa. Jadi, fakta menyebutkan jika semakin tua usia ayam atau ketikan ayam memasuki tahun ke 4 masa hidupnya, maka pasti produktivitasnya juga menurun.

Oleh sebab itu perhatikan dan manage usia ayam petelur anda dengan baik, agar proses produksi telur anda senantiasa membaik setiap bulannya.

Dan biasakan afkirkan ayam yang memang sudah tidak layak produksi ke pedagang maupun ke penjual daging itu akan lebih menghasilkan.

Terlepas dari itu, beberapa jenis ayam petelur mungkin bisa menjadi pilihan anda. Karena sebenarnya banyak sekali jenis ayam petelur yang mungkin belum anda ketahui dan bisa jadi anda jadikan referensi.

Seperti beberapa jenis ayam petelur dibawah ini.

Jenis Ayam Petelur Paling Banyak Dicari

1. Ayam Rhode Island Red

Rhode Island Red merupakan ayam hasil persilangan antara Red Malay Games dan Shanghai merah yang disilangkan oleh Brown Leghorn, Cornish, Brahma dan Wyandotte. Walaupun namanya red, tapi ternyata ayam berbulu cokelat dan hitam. Jadi nama tidak selalu mencerminkan barangnya.

Jenis ayam petelur ini termasuk ayam yang kurang produktif karena hanya menghasilakan telur sekitar sekitar 250 telur pertahunnya. Telur dari jenis ayam petelur ini memiliki warna cokelat dengan ukuran sedang. Untuk bobot betina dewasa ayam petelur ini bisa mencapai 2,5 – 3 kg, sebenarnya lebih menjanjikan sebagai ayam pedaging ya.

2. Ayam Barnevelder

Nama barnevelder merupakan ayam asli belanda. Pemberian nama barnevelder sendiri merupakan nama yang khas untuk menghrmati ayam layaknya ayam bangkok atau birma.

Ayam petelur jenis ini juga kurang produktif yaitu hanya menghasilkan 200 butir telur tiap tahunnya.

3. Ayam Hibrida

Ayam hibrida ini mirip sekali dengan ayam layer strain yang biasanya diternakan di Indonesia. Ayam ini sangat produktif karena mampu menghasilkan hampir 350 butir telur dalam setahun. Selain diambil telurnya ayam ini juga bisa diambil dagingnya karena rata rata bobot ayam dewasa bisa mencapai 2 sampai 3 kg.

4. Ayam Ancona

Ayam petelur jenis ini asli dari Italia. jenis ayam petelur ini cukup legend dan telah banyak di budidyakan di Inggris sejak tahun1850. Ayam petelur ini bisa menghasilkan telur hingga 250 butir per Tahun. Ayam ini memiliki berat badan mencapai 3 kg jika sudah dewasa

5. Ayam Leghorn

Ayam Leghorn memiliki  warna yang putih cantik dengan bobot mencapai 2,5 kg jika dewasa. Tak hanya itu ayam petelur jenis ini juga memiliki banyak warna lainya yang juga tak kalah cantiknya. Ayam Leghorn dapat bertahan dalam temperatur panas, sehingga sangat cocok jika diternakan di daerah dengan iklim tropis seperti di Indonesia ini. Ayam petelur jenia ini dapat menghasilkan telur hingga 300 butir pertahunnya.

6. Ayam Buff Orpington

Jenis ayam petelur ini mirip dengan jenis hibrida yang memiliki berat mencapai 4,5 Kg saat sudah dewasa. Ayam buff orpigon ini berasal dari Inggris dan kurang produktif untuk ukuran ayam petelur, karena hanya mengasilakn 180 telur pertahunnya.

7. Ayam Sussex

Ayam petelur jenis ini sangat prouktif yaitu bisa menghasilkan 300 sampai 350 butir telur per tahun tergantung vitamin dan jenis makanan yang diberikan. Berat badan ayam jenis ini bisa mencapai 4,5 kg jika sudah dewasa, jadi and bisa mengambil dagingnya jika sudah memasuki masa afkir dan sudah tidak bisa bertelur lagi

8. Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock memiliki beberapa jenis di antaranya White Plymouth Rock, Buff Plymouth Rock dan Barred Plymouth Rock. Ayam ini di kembangkan langsung di negara New England sejak pertengahan abad ke-19. Ia dapat menghasilkan 170-200 telur per tahun. Ayam tersebut menjadi sangat di kenal karena memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah kebal dari penyakit, kejinakannya, sifat mengeram yang bagus dan produksi yang banyak dan cepat gemuk.

Harga Pasaran DOC Jenis Ayam Petelur Terbaru 2019

  • Harga pasaran DOC Ayam Rhode Island Red : 80.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Barnevelder : 75.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Hibrida: 55.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Ancona : 95.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Leghorn: 65.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Buff Orpington: 120.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Sussex : 60.000/ ekor
  • Harga pasaran DOC Ayam Plymouth Rock : 80.000/ ekor

Baca juga : Cara memilih telur yang baik sebelum ditetaskan

Jangan lupa share ya