komponen mesin penetas telur otomatis

Komponen Mesin Penetas Telur

Posted on

Komponen mesin penetas telur otomatis dan manual : Mesin penetas telur saat ini dibuat dengan model dan jenis yang beragam. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi, begitu juga dengan kapasitas dan fitur yang pastinya juga berbeda. Salah satu model mesin penetas telur yang banyak diminati dan menjadi favorit para peternak yaitu mesin penetas telur otomatis, hal ini dikarenakan cara kerja yang lebih praktis dan hemat waktu.

Meskipun sudah banyak beredar di pasaran, Anda mungkin mempunyai ide sendiri untuk membuat mesin penetas telur sendiri agar menghemat hemat biaya. Namun, cara membuat mesin penetas telur otomatis itu pastinya juga tidaklah mudah, Anda harus paham komponen apa saja yang digunakan, cara kerja komponen tersebut, cara pemasangan dan lain sebagainya.

Setiap komponen mesin memiliki peran dan juga manfaat yang berbeda-beda. Kerja sama antara komponen itu semua yang akan membuat mesin penetas telur dapat bekerja secara maksimal dan menentukan tingkat keberhasilan saat penetasan.

Apa saja komponen tersebut? dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ada beberapa komponen yang umumnya sering digunakan untuk membuat mesin penetas telur otomatis ataupun manual.

Daftar Komponen Mesin Penetas Telur Otomatis & Manual

Thermostat

komponen mesin penetas telur

Thermostat disini menjadi salah satu komponen penting dari mesin penetas telur yang manfaatnya untuk mengatur suhu ruang agar tetap stabil. Termostat ini memiliki kapsul yang akan mengembang saat terkena panas, dan akan menekan saklar yang membuat aliran listrik terputus.

Begitu pun sebaliknya, kapsul termostat akan kembali mengempis dan bohlam kembali menyala untuk menjaga suhu ruangan tetap stabil. Jadi sebelumnya Anda harus mengatur termostat ini terlebih dahulu  untuk menentukan suhu ruangan saat lampu mati dan saat lampu menyala kembali.

Cara mengaturnya juga tidak sulit, cukup dengan memutar baut penyangga kapsul kekiri untuk menaikan suhu dan kekanan untuk menurunkan suhu. Biarkan termostat penetas telur bekerja secara otomatis, jadi Anda tidak perlu cemas untuk memantau suhu telur.

Termostat pengatur suhu sudah banyak terjual di pasaran, jadi Anda tidak perlu ribet untuk membuatnya. Selain termostat kapsul ada juga termostat digital. Jenis termostat yang satu ini tentunya lebih mudah cara mengaturnya.

Harga komponen ini sangat terjangkau, kami penetasan.com menjual thermostat original dan tentunya kualitasnya terjamin.

Modul Timer Penggerak Komponen Mesin Penetas Telur Otomatis

komponen mesin penetas

Komponen yang satu ini bisa dibilang juga salah satu komponen yang sangat berperan penting untuk meningkatkan cara kerja mesin penetas telur otomatis.

Modul timer penggerak ini dibuat untuk menggerakan dinamo yang fungsinya nantinya untuk mengatur waktu pemutaran rak telur. Jadi pemutaran rak telur dapat diatur setiap berapa jam sekali dengan alat ini. Tanpa komponen yang satu ini, mesin penetas telur hanya bekerja secara manual saja.

Dinamo dan Kipas Penggerak Rak Telur

dinamo mesin penetas telur

Dinamo merupakan komponen yang memiliki peran penting untuk membantu pemutaran rak telur ayam secara otomatis.

Komponen  yang satu ini digerakkan oleh modul atau timer yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Dinamo ini nanti di hubungkan dengan kipas penggerak yang sudah terhubung dengan rak telur.

Dinamo ini memiliki voltage 220 v , frekuensi 50/60 Hz , daya 5 Watt, pemutaran 5-6 Rpm dan  dapat berputar bolak balik (CW/CCW)

Rak Telur

rak telur mesin tetas

Rak telur juga menjadi salah satu komponen yang sangat penting juga. Mesin penetas harus memiliki rak untuk menempatkan telur. Telur harus diletakkan dengan posisi yang benar, jadi tidak diletakkan sembarangan. Sebab hal ini juga sangat menentukan keberhasilan penetasan juga

Rak telur sudah banyak tersedia dengan berbagai kapasitas, dan sudah disesuaikan dengan mesin penetas telur itu sendiri. Jadi pilihlah rak telur sesuai dengan kapasitas mesin, apabila Anda ingin menetaskan 100 sampai 1000 telur pilihlah kapasitas rak telur dan mesin penetas yang sesuai.

Termometer

thermometer mesin tetas

Termomer disini berfungsi sebagai pelengkap termostat. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu agar tetap stabil dan  Thermometer disini sebagai indikator suhunya.

Jadi sebelum mengatur termostat, ukurlah dulu suhu mesin penetas dengan menggunakan termometer terlebih dahulu. Jika suhu sudah pas, misal 38o maka pengaturan termostat juga sudah tepat, termostat akan bekerja untuk memutuskan arus listrik saat suhu sudah mencapai 38o dan akan menyala kembali saat suhu mulai rendah.

Lampu

komponen alat tetas

Lampu bohlam juga menjadi salah satu komponen yang wajib Ada. Sebab fungsi dari bohlam ini sendiri yaitu sebagai pemanas telur.

Lampu bohlam yang digunakan pada setiap kapasitas mesin penetas telur juga tidak sama. Kapasitas mesin penetas telur 50 butir cukup dengan 2 bohlam dengan daya masing-masing 5 watt. Lebih besar kapasitas mesin penetas telur, lebih banyak juga lampu bohlam yang dibutuhkan.

Nampan Untuk Tempat Air

bak tempat air

Salah satu faktor keberhasilan yang perlu di perhatikan saat penetasan adalah kelembaban udara. Dan untuk membuat kelembaban itu diperlukan bak atau nampan air yang nantinya diisi air kemudian dimasukkan kedalam mesin penetas telur.

Air didalam bak ini nanti lama kelamaan pasti menguap, dan air pasti berkurang sedikit demi sedikit. Kalau air berkurang, maka kelembaban ruangan juga akan berkurang. Jadi air ini harus tetap di kontrol, apabila sudah mulai berkurang, tambahkan air.

Air yang ditambahkan pun juga harus air hangat, sebab kalau air dingin itu nanti akan merubah suhu ruangan dan kelembaban menjadi tidak sesuai lagi.

Higrometer

higrometer kelembaban

Higrometer disini berfungsi untuk mengatur kelembaban ruang mesin peneas telur otomatis ataupun manual. Dengan adanya alat ini Anda tidak perlu repot mengontrol jumlah air yang ada didalam bak tadi.

Kelembaban ruang mesin penetas telur ayam umumnya berkisar 55% sampai 60%. Sedangkan untuk telur unggas lain seperti bebek, itik dan lainnya pastinya juga berbeda, biasanya mencapai angka 65%-75%. Hal ini dikernakan ketebalan cangkang telur yang berbeda dengan telur ayam.

Itulah beberapa komponen yang umumnya terdapat pada mesin penetas telur otomatis maupun manual. Komponen tersebut biasa digunakan pada mesin penetas berkapasitas 30 sampai 200 telur. Berbeda lagi dengan mesin penetas telur otomatis yang kapasitasnya 500-100 telur. Mesin ini memiliki komponen yang berbeda, sebab cara kerjanya pun juga sedikit berbeda

Berapa Harga Komponen Mesin Penetas Telur Otomatis ?

Harga komponen mesin penetas telur diatas sangat terjangkau. Berikut daftar harganya

Nama KomponenHarga
Termostat KapsulRp. 85.000
Termostat Digital + Termometer DigitalRp. 95.000
Termometer Air RaksaRp. 30.000
Teropong TelurRp. 85.000
HygrometerRp 120.000
Rak Telur OtomatisRp. -
Timer Penggerak OtomatisRp.-