mesin penetas telur burung

Mesin Penetas Telur Burung

Posted on

Harga Mesin Penetas Telur Burung Otomatis | Beternak burung seperti halnya lovebird, kenari, kacer, jalak suren maupun murai batu, tidaklah semudah yang kita bayangkan. Jika kita hanya melihat dari cerita sukses para peternak saja maka rasanya kitapun juga ingin sekali merasakan kesuksesan tersebut.

Akan tetapi sesudah kita terjun langsung menjadi seorang peternak, ternyata ada banyak sekali kendala – kendala yang akan kita temui.

Tak jarang juga banyak dari para peternak burung lebih memilih gulung tikar, karena banyak sekali mengalami kendala seperti indukan dari burung tidak dapat bertelur,telur yang telah di erami juga tidak dapat menetas sesuai dengan perkiraan, dan bahkan terdapat banyak pula indukan yang mati.

Jika kita beli indukan yang mahal dan akhirnya juga mati maka akan menjadi kerugian yang besar bagi peternak,itu yang bisa menjadi dilema para peternak terutama bagi para peternak pemula.

Hal tersebut karena selama ini,belum banyak dari para peternak mencari informasi tentang bagaimana solusi dalam mengatasi masalah terutama masalah penetasan.

Belum banyak para peternak yang BERANI memanfaatkan munculnya produk inovasi terbaru mesin tetas untuk telur burung yang saat ini sudah banyak di jual di pasaran untuk mencoba menetaskan telur burung seperti lovebird, kenari, jalak uren, kacer, murai, wallet, puyuh dan merpati.

Hanya sedikit dari para peternak yang berani ambil resiko dengan mencoba mesin ini.

Padahal dengan menggunakan mesin penetas ini kita dapat membuat telur burung baik itu lovebird maupun telur burung yang lain dapat di tetaskan secara bersamaan dalam jumlah yang banyak, seperti layaknya telur ayam (DOC),telur bebek (DOD) dan juga puyuh (DOQ).

Selain itu jika kita memanfaatkan mesin ini, kita dapat memanen hasilnya secara bersamaan tanpa perlu membuat indukannya stress.

Minimnya informasi tentang cara pakai, cara kerja, cara mengatur suhu mesin penetas ini dapat menjadi kendala para peternak burung untuk enggan memakainya.

Dan di tambah lagi dengan kurang memasyarakatnya mesin penetas untuk telur burung ini.

Mesin Penetas Untuk Berbagai Jenis Telur Burung

Burung apapun yang ingin anda tetaskan, bisa di lakukan oleh satu mesin otomatis. Lalu apa satu mesin bisa di isi oleh berbagai jenis telur? Jawabanya ada yang bisa ada yang tidak.

Anda tidak bisa menetaskan telur bebek dengan telur ayam dalam satu mesin karena lama penetasan, kelembaban dan suhu ruangan yang dibutuhkan kedua telur untuk menetas sangat berbeda.

Intinya, anda harus mengetahui jenis telur apa yang hendak ditetaskan dan kondisi lingkungan bagaimana  yang dibutuhkan telur tersebut untuk menetas.

Kalau kondisi penentu proses penetasan itu mirip ya bisa di satukan dalam satu mesin, dalam satu waktu asalkan besaran telur juga sama. Misalnya telur ayam kampung dengan telur ayam petelur.

Mereka sama, namun telur ayam kampung akan berbeda dengan ayam kalkun. Untuk burung bagaimana, prosedurnya sama saja. Lebih jelas bisa cek tabel berikut.

Tabel Penetasan Telur Burung

Jenis Burung

Waktu

Suhu

Kelembapan

Lama Rotasi

Love Bird21 - 23 hari36° - 37°C65-70%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke 5 sampai 18
Kenari13 - 14 hari34° - 35°C60-64%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke 3 sampai 10
Murai Batu11 - 14 hari34.7° C80-85%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke 3 sampai 8
Puyuh16 - 17 hari38° – 39°C65-70%Setiap 3 Jam sekali
Jalak Suren13 hari37°C65-70%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke  3 sampai 10
Dara / Merpati16 – 21 hari37°C65-70%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke 5 sampai 13
Walet12 - 15 hari34° - 35°C70%Setiap 3 Jam sekali pada hari ke 3 sampai 9

Lama rotasi dan masa peneropongan menjadi hal yang juga patut di perhatikan. Karena mengingat pada saat proses penetasan akan berakhir perlu di adakan peneropongan ulang atau candling untuk melihat embrio yang sudah jadi anakan burung yang siap untuk menetas.

Setelah candling pada 3 hari terahir masa penetasan maka proses rotasi pada rak telur bisa di hentikan agar saat anakan burung tidak terjatuh saat sudah mulai keluar dari cangkang telur.

Bagaiamana Cara Menetaskan Telur Burung Dengan Mesin ini ?

Cara menetaskan telur burung dengan menggunakan mesin penetas otomatis dapat menjadi alternatife utama bagi para penangkar yang ingin mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.

Karena satu mesin penetas ini ada yang mampu menetaskan sampai 100 telur burung sekaligus dalam satu waktu dengan cara yang cukup sederhana.

Cara menetaskannya pun juga cukup mudah anda tinggal memasukkan telur mengatur suhu dan menyetel pengaturan 3 jam sekali untuk mesin penetas telur burung yang otomatis.

Hanya saja untuk setiap jenis telur burung memiliki pengaturan suhu, kelembapan dan masa rotasi telur yang berbeda-beda. Anda dapat melihatnya pada table di atas.

Cara kerja mesin tetas ini juga masih sama saja dengan mesin penetas telur ayam baik yang manual maupun otomatis. Yang berubah hanya tempat untuk menaruh telur (rak telur).

Karena besaran ukuran rak mengikuti besar telur yang akan di tetaskan.

Bagaimana Cara Membuat Mesin ini ? 

Cara membuat mesin penetas telur burung manual tergolong mudah, Anda tinggal menyiapkan beberapa bahan seperti; papan triplek, paku, kayu, bohlamp untuk pemanasnya dan thermostat untuk pengatur suhu otomatisnya.

Kemudian anda tinggal potong sana – potong sini palu sana – palu sini dan jadi mesin penetas telur manualnya.  Apabila kesulitan, coba saja membuat mesin tetas yang sederhana dari bahan kardus, Anda bisa mengikuti tutorialnya disini cara membuat mesin penetas telur sederhana .

Namun jika anda tidak ingin repot-repot untuk membuatnya anda dapat pesan langsung pada cs penetasan.com, kami menjual berbagai macam mesin penetas telur berbagai tipe baik itu untuk burung, ayam, bebek dan unggas lainnya.

Gambar Mesin Penetas Untuk Telur Burung

 1) Mesin penetas otomatis

mesin kapasitas 50 butir telur

mesin otomatis kapasitas 100 butir telur

kapasitas 200 butir telur

2) Mesin penetas manual

mesin kapasitas 30 butir telur

mesin 75 butir telur

mesin manual kapasitas 100 butir telur

mesin penetas kapasitas 200 butir telur

Berapa Harga Mesin Penetas Telur Burung ? 

Bila anda sedang mencari penjual atau distributor mesin penetas untuk telur burung maka anda berada pada website yang tepat. Penetasan.com telah menjual mesin penetas keseluruh wilayah di Indonesia seperti; Surabaya, malang, Jakarta, jogja, bandung dan berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Mesin tetas burung yang kami jual asli hasil karya anak bangsa bukan import dari luar negri.

Kami jual mesin penetas berbagai tipe dan ukuran dengan kualitas hasil penetasan mencapai 80-90 %.

Harga mesin penetas untuk telur burung yang kami tawarkan beragam, karena setiap mesin memilki system kerja (manual – otomatis) dan kapasitas yang berbeda-beda.

Silahkan anda menghubungi langsung cs kami sekarang juga untuk mendapatkan harga jual mesin penetas burung berkualitas.

Jangan lupa share ya