mesin tetas manual yang sederhana

Harga Mesin Tetas Manual Semua Kapasitas

Posted on

Mesin tetas telur sendiri memiliki berbagai varian, baik sistem, model, kapasitas, hingga harga yang dibanderol pada mesinnya. Untuk sistemnya sendiri, mesin tetas telur ini terdapat dua macam, yang mana salah satunya adalah mesin tetas jenis manual.

Mesin tetas telur sekarang ini telah menjadi kebutuhan penting bagi para pengusaha telur atau peternak, baik ayam, bebek/itik, angsa, ataupun puyuh. Tak heran, banyak orang memanfaatkan mesin semacam ini karena kemudahannya ketika digunakan untuk menetaskan telur.

Orang tidak harus memanfaatkan hewan guna mengerami telur yang dihasilkan supaya dapat menetas, melainkan tinggal menggunakan mesin tetas ini, orang tinggal menunggu telur itu menetas dengan sendirinya, bahkan dalam jumlah yang banyak sekalipun. Alhasil, pekerjaan para peternak jadi lebih efisien.

Mengenai mesin tetas telur manual ini sendiri memiliki karakteristik yang sederhana. Secara penggunaan, Anda harus mengerti beberapa hal yang berkaitan dengan cara pengaturannya. Misalnya hal yang harus benar-benar Anda diperhatikan adalah bagian inkubasi dan temperatur ruangan seperti suhu hingga kelembapannya.

Apabila ini untuk pertama kalinya Anda mencoba menggunakan mesin tetas ini, kami sarankan agar Anda menggunakan mesin tetas telur manual dengan kapasitas yang relatif kecil, tujuannya untuk menghindari atau paling tidak meminimalisir terjadinya resiko yang kemungkinan bisa Anda alami ketika mencoba.

Mesin tetas telur manual yang berkapasitas kecil sendiri pada umumnya bertipe C30 yang dapat menampung maksimal 30 butir telur. Secara keseluruhan, mesin tetas semacam ini memiliki berbagai variasi, mulai dari tipe C30, C50, C75, C100, C200, C500, sampai C1000 dengan masing-masing spesifikasi yang berbeda-beda.

Selain kapasitas, variasi mesin tetas manual dengan berbagai macam tipe tersebut juga memiliki perbedaan pada bagian dimensi, berat, daya listrik, hingga harganya. Semakin besar tipe atau kapasitasnya, maka dimensi, berat, energi yang dibutuhkan, dan harganya juga semakin meningkat.

Spesifikasi Mesin Tetas Telur Manual

Berikut ini rincian masing-masing mesin tetas telur manual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

mesin penetas telur manual kapasitas 30 butir telur

Kapasitas30 Butir
Dimensi30x30x32 cm
Berat6 Kg
HargaRp. Hubungi CS

mesin penetas telur manual kapasitas 50 butir telur

Kapasitas50 Butir
Dimensi40x30x32 cm
Berat10 Kg
HargaRp. Hubungi CS

kapasitas 75 butir telur

Kapasitas75 Butir
Dimensi50x30x32 cm
Berat11 Kg
HargaRp. Hubungi CS

mesin penetas telur manual kapasitas 100 butir telur

Kapasitas100 Butir
Dimensi60x30x32 cm
Berat12 Kg
HargaRp. Hubungi CS

kapasitas 200 butir telur

Kapasitas200 Butir
Dimensi90x40x32 cm
Berat20 Kg
HargaRp. Hubungi CS

Jika anda membutuhkan mesin ini, Anda dapat konsultasikan kebutuhan tersebut kepada kami. Mengapa? Kami menyediakan semua macam pilihan mesin tetas sebagaimana kebutuhan Anda.

Komponen Mesin Tetas Manual

Ketika Anda membeli mesin tetas telur manual ini dari kami, Anda akan mendapatkan paket komponen lengkap yang terdiri dari: mesin penetas telur manual 1 unit; kerangka mesin yang meliputi penyangga beserta baut pengikatnya; perangkat/handle pemutar rak manual; komponen thermostat beserta thermometernya; INCUNOL antibakteri; bak air; dan buku pedoman penggunaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami gambarkan sedikit spesifikasi mengenai mesin tetas telur jenis manual.

Elemen pemanas

Ada perbedaan jenis sumber pemanas dari masing-masing tipe mesin. Untuk mesin tetas tipe C30 hingga C200, biasanya elemen pemanas dengan menggunakan lampu pijar sebesar 5 watt. Sedangkan tingkatan watt pada lampu pijar akan bertambah besar sesuai dengan kapasitas atau tipe di atas C200 yang dipilih.

Komponen pemutar rak

Demikian halnya dengan perangkat yang digunakan untuk memutar rak telur, ada beberapa macam tipe alat penetas manual yang hanya bisa memutar telur satu per satu, namun untuk mesin yang kami tawarkan ini, Anda dapat memutar telur secara bersamaan dalam satu waktu.

Keuntungan tersendiri dari mesin yang satu ini adalah telur dapat terjaga dengan aman, sebab dapat diputar secara bersamaan. Terlebih rak yang tersedia dapat diisi dengan berbagai macam tipe telur, entah itu telur ayam, bebek/itik, puyuh, berbagai macam burung, dan lain sebagainya.

Komponennya sendiri dapat dioperasikan dari luar ruangan, sehingga mesin tidak perlu buka-tutup ketika memutar rak, hal ini juga dapat mencegah terjadinya gangguan suhu di ruangan mesin.

Komponen pengatur suhu

Sekalipun mesin tetas ini berjenis manual, Anda tidak perlu mengatur suhunya apabila ingin mnyeimbangkan temperatur pada ruangan, sebab mesin ini telah disematkan komponen thermostat kapsul sebagai pengatur suhu di ruang mesin. Sedangkan untuk mengetahui seberapa panasnya suhu yang dinginkan disediakan pula thermometer ruangan sebagai alat ukurnya.

Baca juga : Komponen mesin penetas telur otomatis

Cara Menggunakannya Bagaimana?

Terkait dengan cara penggunaan mesin tetas telur manual ini, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Awal proses penetasan telur dengan mesin tetas manual ini merupakan masa krusial. Mengapa? Ketika Anda tidak terbiasa dengan pekerjaan semacam ini, dipastikan Anda akan mengalami sedikit kesulitan pada proses pengeraman di minggu pertama.

Kemungkinan besar yang dapat terjadi adalah kematian dini embrio akibat proses pemutaran yang tidak tepat. Walaupun embrio tersebut dapat terus berkembang hingga menjadi anak ayam sekalipun, mungkin saja ketika masa penetasan akan terjadi kegagalan proses pemecahan kerabang pada telur.

Karena mesin tetas yang digunakan adalah jenis manual, pada bagian ini Anda harus benar-benar konsisten, sebab dengan menggunakan mesin tetas telur jenis ini,  Anda sendirilah yang harus memutarkan rak atau memberhentikan putaran rak telur. Seperti biasanya, pemutaran rak ini hanya dilakukan pada masa pengeraman. Sebagai contoh, masa pengeraman telur ayam pada umumnya berkisar 1 hingga 18 hari. Setelah melewati proses ini, Anda tinggal menunggu telur tersebut dapat menetas dengan sendirinya.

Memang, mesin tetas telur jenis manual ini memerlukan pengoperasian yang lebih intens, ini dimaksudkan agar pemutaran telur bisa merata dan menyeluruh, sebab cara penggunaannya membutuhkan bantuan manusia. Sedangkan pada hasil akhirnya, kita tidak bisa menjamin bahwa telur-telur yang diproses melalui mesin tetas ini semuanya dapat menetas dengan tuntas, melainkan ada beberapa bagian yang mungkin mengalami sedikit kegagalan.

Walaupun demikian, kegagalan beberapa bagian dari total seluruh telur yang ditetaskan menggunakan mesin ini, sudah dapat dikatakan bagus apabila kegagalannya tidak lebih dari 20%. Kegagalan ini menjadi sesuatu yang lumrah, mengingat tidak semua telur memiliki kondisi yang baik, terutama ketika akan ditetaskan menggunakan mesin tetas atau semacamnya.

Jika memang Anda khawatir penetasan menggunakan mesin ini kurang maksimal, Anda dapat mencoba menggunakan mesin tetas telur jenis otomatis yang juga bisa Anda dapatkan dari kami. Dengan menggunakan mesin tetas versi otomatis ini, kami pastikan hasil yang Anda dapatkan akan jauh lebih baik, bahkan lebih efisien dan mudah dioperasikan.

Jangan lupa share ya