mist maker

Mist Maker : Mesin Pembuat Kabut Untuk Kelembaban

Posted on

Pada proses penetasan telur, kelembapan memang sangat berpengaruh. Untuk itu, kita sebegai peternak harus bisa mengatur kelembaban sebaik mungkin agar telur bisa menetas dengan sempurna, dan tentunya tidak akan menimbulkan kerugian. Memang mengatur kelembapan sangatlah sulit, karena harus benar-benar bisa menyesuaikan supaya bisa semirip mungkin dengan penetasan dengan induk asli. Dengan hadirnya mist maker ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mengatur kelembaban.

Yang paling umum digunakan untuk mengatur kelembapan pada penetasan telur saat ini yaitu menggunakan air yg ditaruh dalam wadah, dan diletakkan dibawah rak telur mesin penetas. Cara ini sebenarnya adalah cara yang paling umum di  gunakan oleh para peternak. Cukup efektif, tapi kekurangan dari cara ini adalah air yang kadang kurang terkontrol, sehingga menyebabkan kelembapan yang tidak bisa stabil.

Sebenarnya ada cara lain yang bisa lebih efektif untuk mengatur kelembapan penetasan dari pada air biasa, yaitu menggunakan kabut. Ya,kabut yang seperti awan atau seperti asap. Bagi para peternak, pasti sering mendengar istilah kabut pada sarang burung walet. Dan ya, memang benar. Kabut itulah yg dimakut disini.

Kabut yang biasanya digunakan pada sarang walet juga bisa digunakan pada proses penetasan telur. Bagaimana bisa?

Tentu saja bisa. Kabut juga terbuat dari air yang tentunya bisa melembabkan area yang terkena kabut tersebut. Nah, kelembapan yang di hasilkan kabut tersebut sangat efektif untuk penetasan telur. Selain kelembapanya yang stabil, juga bisa menyeluruh mengenai telur sehingga penetasan bisa lebih maksimal.

Untuk membuat kabut seperti ini, dibutuhkan suatu alat yang disebut dengan mist maker.

Apa itu Misk Maker?

Alat ini bekerja dengan teknologi ultrasonic automization, yang mampu mengubah air menjadi kabut yang dingin seperti yang ada pada biang es. Kabut ini bisa menguap dan menyebar keseluruh ruangan.

Untuk bisa mndapatkan mesin kabut atau mist maker ini, anda bisa coba cek ke toko elektronik. Tapi ya jangan tanya harganya, pasti sangat berbeda jika Anda membeli di olshop kami. Di penetasan.com sekarang sudah menyediakan mist maker yang berkualitas.  Tinggal wa, dan barang akan dikirim ke alamat Anda, tidak perlu keluar rumah yang pastinya akan membuat pekerjaan anda jadi bertambah.

Penetasan.com menyediakan mist maker dengan berbagai macam

  1. Mesin kabut type 1

TypeSpesifikasiHarga
Mist Maker ETC-01Kapasitas : 0.5l/jam
Tegangan Kerja : 24VDC
Power : 19W
Kedalaman Effective : 20 - 75mm
Diameter : 45x35mm (T)
Kabel : 1.4mtr (+/- 20mm)
Hubungi CS

  1. Mesin Kabut Type 2

TypeSpesifikasiHarga
Mist Maker 02Kapasitas : 400ml /jam
Tegangan Kerja : 24V DC 1A
Kedalaman Effective : 1-2 cm
Kabel : +/- 1 meter
Hubungi CS

  1. Mesin Kabut Dengan 12 Mata LED Lamp

TypeSpesifikasiHarga
Mist Maker Dengan 12 LED12 LED Mist Maker
20 mm Mist
Generated Disk 450ml/hour Mist
Power Adaptor : Input AC 220V-240V Output 24 V, 800 mA UL Listed )
Ultrasound Frequency : 1.7 MHz +/- 40 KHz
Hubungi CS

Diatas merupakan contoh mist maker 1 mata, masih ada juga mist maker dengan 4 mata, 5 mata sampai 12 mata. Mist maker dengan banyak mata biasanya digunakan untuk ruangan dengan kapasitas yang besar, contoh saja seperti sarang burung walet, rumah jamur ataupun aquarium yang memiliki kapasitas besar.

Pemilihan mist maker yang digunakan, haruslah sesuai dengan kebutuhan para peternak. Jika anda  hanya menggunakan mesin dengan kapasitas kecil, sebaiknya gunakan pula mist maker dengan daya yang kecil. Karena jika daya yang di gunakan terlalu besar, maka mesin akan terlalu lembab, dan jadinya telur pasti akan rusak begitu juga dengan mesin penetasnya.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, Cukup masukkan alat ini ke dalam air (1 cm di bawah permukaan air) & sambungkan ke power via adaptor. Maka awan kabut akan mulai muncul. Lampu LED juga akan menyala jika Anda menggunakan mist maer yang sekaligus ada lampunya.

Mist maker ini juga bisa atur secara otomatis kapan dia nyala dan mati. Untuk pengaturannya cukup menggunakan incubator controler mesin penetas ataupun hygrostat. Incubator kontrol yang komplit dengan settingan suhu dan kelembabannya.

Cara settingnya bagaimana? Pengaturan pada kelembabanya, setting batas atas kelembaban misal 70%, dan batas bawah 60%.

Jadi saat kelembaban menunjukan angka 60%, maka mist maker ini akan menyala, dan akan otomatis mati saat kelembaban sudah mencapai 70%.

Mist maker tidak hanya digunakan pada mesin penetas telur saja

Mist maker sebenarnya adalah mesin pembuat kabut yang multifungsi. Selain bisa digunakan untuk mengatur kelembapan penetasan, juga bisa digunakan sebagai hal lain. Seperti untuk  untuk hiasan aquarium, taman, efek kabut panggung, efect dekorasi ruangan dan ruangan apapun yang membutuhkan kelembaban.

Selain itu bisa juga digunakan sebagai relaksasi jika Anda sedang stres. Cukup mengganti air dengan aroma therapy maka ruangan anda bisa lebih segar dan nyaman.

Yang tetap perlu anda perhatikan saat menggunakan mesin mist maker ini diantaranya :

  • Jangan digunakan dalam keadaan terbalik karena akan merusak chip nebulizer nya.
  • Jangan digunakan melebihi 10 jam per hari.
  • Saat mesin dalam keadaan ON, jangan pegang chip nebulizer nya.
  • Gunakan air yang bersih seperti air ledeng. Air yg kotor akan mengurangi usia pakai.
  • Sebelum memindahkan alat, matikan terlebih dahulu sumber listrik.
  • Jaga ketinggian air, jangan tenggelamkan alat ini terlalu dalam dari permukaan air karena akan membuat kabut menjadi sulit untuk naik ke permukaan.
  • Penggunaan yang baik pastinya akan membuat mesin tetap awet dan bekerja dengan

Untuk pemesanan silahkan hubungi nomor whatapp kami ibawah ini.

Jangan lupa share ya