peluang usaha penetasan telur bebek dan ayam

Ketahui Peluang Usaha Penetasan Telur Bebek dan Ayam Sebelum Memulainya

Posted on

Hidup sebagai pekerja kantoran atau Pegawai Negeri Sipil tidak sepenuhnya menjamin kesejahteraan hari tua. Maka, untuk menopang masa depan yang lebih cerah, Anda dapat menjalankan bisnis berpotensi besar. Seperti membuka peluang usaha penetasan telur bebek dan ayam.

Seputar Penetasan Telur Bebek dan Ayam Terhadap Kebutuhan Gizi Masyarakat

Untuk memenuhi kebutuhan gizi menjadi seimbang, tentu diperlukan adanya protein dalam setiap asupan makanan yang dikonsumsi. Salah satunya bisa Anda dapatkan dari zat di dalam kandungan telur bebek dan ayam,

Akan tetapi seringkali, pemenuhan kebutuhan protein yang didapatkan kurang maksimal. Hal ini disebabkan adanya proses penetasan telur ayam dan bebek dilakukan dengan tidak tepat ataupun tanpa pengalaman pengelolalaan kompeten.

Jika menjadi seorang pebisnis di bidang peternakan, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan serta memaksimalkan peluang usaha penetasan telur ayam dan bebek. Dengannya, Anda bisa benar-benar memperhatikan kebutuhan konsumsi protein bagi masyarakat Indonesia.

Raih Omset Jutaan Rupiah dengan Memanfaatkan Peluang Usaha Penetasan Telur Bebek dan Ayam

Meski pada dasarnya langkah perawatan untuk menetaskan telur bebek dan ayam itu berbeda, akan tetapi keduanya tetap memiliki peluang bisnis yang bisa diandalkan. Tentu saja harus menempuh tahap-tahap sesuai aturan dan prosedur.

Saat ini bisnis tersebut banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha muda. Sebab, tidak perlu mengeluarkan modal dengan nominal besar. Selain itu, proses penetesan yang dilakukan menggunakan mesin penetasan jauh lebih cepat dari pada proses aslinya, yakni selama 21 hari saja.

Bicara soal finansialnya, Anda bisa mencari berbagai informasi dari beberapa kalangan yang telah menjalankan bisnis ini. Perbulannya bahkan mampu menghasilkan kurang lebih sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Tergantung sedikit banyaknya hasil penetasan dalam sekali kloter.

Cara Mulai Membuka Peluang Usaha Penetasan Telur Bebek dan Ayam

Berniat untuk segera menjalankannya, namun tidak memiliki pengetahuan luas? Jangan terburu mengubur harapan. Karena untuk mendapatkan pengalaman, Anda bisa mencari tambahan ilmu mengenai usaha penetasan telur bebek dan ayam ini. Berikut ini beberapa cara penerapannya:

  • Mempersiapkan Lahan Penetasan

Sebagai peternak unggas khususnya  bebek dan ayam, Anda harus menyediakan lahan tersendiri. Hal ini bertujuan agar tidak menganggung ketenagan warga sekitar. Usahakan agak jauh dari pemukiman warga, serta berukuran cukup luas.

  • Menyediakan Alat Mesin Penetas Telur Otomatis

Jika Anda menginginkan kualitas gizi yang terkandung di dalam telur bebek dan ayam tetap terjaga, ada baiknya untuk menyediakan alat berupa mesinnya. Perhatikan secara intensif keadaannya. Sebab, hal tersebut akan mempengaruhi proses penetasan.

  • Membangun Korelasi dengan Peternak Bebek dan Ayam

Hukum mengenai pentingnya hubungan bagi sekelompok manusia, dapat Anda terapkan dalam hal ini. Sebagai usahawan di bidang penetasan telur, ada baiknya jika membangun kerjasama dengan beberapa peternak unggul di bidang Bebek dan Ayam.

  • Melakukan Penyeleksian Telur

Cermat dan teliti ternyata harus dimiliki oleh pengusaha penetasan. Lakukan penyeleksian intensif sebelum dimasukkan dalam mesin. Caranya ialah dengan menerawang telur menggunakan lampu bohlam. Pastikan dari luar cangkang terdapat semacam bercak merah seperti jaring laba-laba.

  • Memahami Cara Merawat Telur

Sebagai seorang pelaku bisnis penetasan, Tidak cukup hanya dengan menyeleksi setiap butirnya. Akan tetapi, Anda harus diperhatikan juga mengenai cara merawat telur. Seperti, membersihkan cangkang, memberi tanda X-O pada bagian bawah serta bawah dan lain-lain.

Cara Memilih Telur Bebek dan Ayam yang Baik untuk Ditetaskan

Potensi terbesar yang bisa Anda dapatkan yakni dengan menggunakan ayam kampung. Sedangkan, untuk bebek, pada umumnya sama saja asalkan unggas tersebut terjaga kesehatannya. Agar tidak terjadi kerugian besar, ada baiknya benar-benar memperhatikan cara memilih berbagai telur tersebut.

  • Memilih Bagian dalam Telur yang Terlihat Jernih dan Terang saat di Diteropong

Sebelum memasukkannya ke dalam mesin penetas. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah merepong atau meneropongnya. Pilih butir yang memiliki warna jelas, jernih dan terang. Karena hal tersebut merupakan ciri-ciri telur sehat.

Baca juga : Cara meneropong telur yang baik dan benar

  • Pilih Telur yang Masih Segar

Saat menjalin hubungan bisnis dengan peternak bebek maupun ayam, pastikan Anda membuat perjanjian bahwa agar memberikan telur yang masih segar atau tidak terlalu disimpan di luar. Sebab, hal itu dapat menyebabkan gagalnya proses penetasan.

  • Memilih Kulit Telur atau Cangkang tidak Retak

Hal paling fatal yang biasanya kurang diperhatikan oleh peternak unggas ialah, membiarkan butiran telur jatuh tidak pada tempatnya. Sehingga, menimbulkan sisi cangkangnya retak. Sebagai usahawan di bidang penetasan, lakukan pemilihan dengan mengambil kondisi utuh.

  • Memperhatikan dan Memilih Telur yang Berukuran Standar

Perlu diketahui bahwa ciri telur yang baik untuk dijadikan usaha penetasan yakni berukuran standar. Atau juga memiliki bentuk yang hampir sama (lonjong bulat). Juga, mempunyai berat 40gr (ayam kampung) dan 50-60gr (bebek).

  • Berasal dari Indukan yang Sehat

Pastikan beberapa minggu atau bulan sekali sebagai pengusaha di bidang penetasan, Anda juga rajin mengunjungi peternakan unggas tempat menjalin kerjasama. Sebab, telur tetasan yang baik berasal dari indukan unggul dan terjaga kesterilannya.

Cara Memilih Mesin Penetas Telur Berkualitas Unggulan

Tidak hanya dengan memperhatikan jenis, kualitas dan melalukan perawatan pada telur saja. Melainkan juga harus memahami pentingnya keberadaan mesin penetas sebagai alat utama menjalankan bisnis. Maka, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  1. Mesin Tersebut Telah Teruji Secara Kualitas

Untuk mengetahui kualitas dari mesin tersebut, maka lakukan dengan mencari serta survei ke beberapa pengusaha penetasan yang lebih dahulu memulai sebelumnya. Pilih dan beli jenis tersebut, agar usaha Anda semakin maju.

  1. Pilih Mesin Penetas dengan Manual Book

Keberadaannya buku panduan ini, terkadang dianggap sepele bagi para pekerja, karena beranggapan sudah mahir. Padahal, dengan adanya manual book, Anda semakin mudah menjalankan serta dapat segera menangani apabila terjadi kemacetan di tengah proses penetasan.

  1. Memilih Mesin dengan Cantuman Support

Support dalam hal ini bukan diartikan sebagai pengiklanan atau media partner seperti layaknya promo di televisi. Melainkan logo atau keterangan mengenai ketersediaan suku cadang di beberapa wilayah. Sehingga, Anda dapat memperbaiki atau mengkonsultasikannya apabila terjadi kerusakan.

  1. Mesin Terbuat dari Bahan Berkualitas

Jangan tergiur dengan penawaran harga promo dan murah demi mendapatkan alat penetas. Ada baiknya jika membeli mesin berkualitas unggul agar tetap awet, meskipun bernilai agak mahal. Daripada harus berulang kali melakukan servis. Dimana tentu saja semakin memunculkan kerugian.

  1. Pilih Jenis Mesin Sesuai Kebutuhan dan Keadaan

Terdapat 2 jenis mesin penetas yaitu semi otomatis dan otomatis. Anda dapat menggunakan mesin “automatic” jika memang telah memiliki bisnis penetasan yang cukup besar. Sehingga, tidak perlu ribet menangani penetasan di dalam mesin.

Rekomendasi mesin penetas telur dari Penetasan.com

Berikut rekomendasi mesin penetas telur otomatis yang bisa Anda coba untuk membangun peluang usaha penetasan telur ayam ataupun bebek. Mesin ini tersedia beberapa kapasitas, mulai 20 telur, 50 telur, 100 telur sampai kapasitas 1000 telur

1. TIPE AT-20D

mesin tetas kapasitas 20

Kapasitas20 Butir Telur Ayam/Bebek
40 Telur Burung/Puyuh
Dimensi39x31x35 cm
Berat10 Kg
HargaRp. 860.000
  • Mesin tetas ini juga bisa untuk menetaskan telur burung kenari ataupun lovebird
  • Kapasitas telur burung bisa sampai 40 telur
  • Sistemnya sudah full otomatis
  • Termostat sudah menggunakan sensor suhu digital (termostat digital)
  • Daya listriknya juga tidak banyak cukup 12 watt

2. TIPE AT-50D

mesin tetas otomatis 50

Kapasitas50 Butir Telur Ayam/Bebek
80 Telur Puyuh dan Telur Burung
Dimensi54x48x35 cm
Berat15 Kg
HargaRp. 970.000
  • Kapasitas telur yang dapat di tetaskan mesin ini ±50 telur ayam/bebek
  • Sistemnya juga sudah full otomatis
  • Daya listriknya juga tidak banyak 42 watt saja

3. TIPE AT-100D

mesin tetas kapasitas 100

Kapasitas100 Butir Telur Ayam/Bebek
150 Telur Puyuh dan Telur Burung
Dimensi103x48x35 cm
Berat18 Kg
HargaRp. 1.360.000
  • Kapasitas mesin ini bisa menetaslan telur  ±100 telur ayam/bebek
  • Daya listrik: 42 watt

4. Tipe AT-200 D

kapasitas 200

Kapasitas200 Butir Telur Ayam/Bebek
300 Telur Puyuh dan Telur Burung
Dimensi103x70x40cm
Berat30 Kg
HargaRp. 3.200.000

  • Kapasitas mesin ini bisa menetaslan telur  ±200 telur ayam/bebek
  • Daya listrik: 48 watt

Untuk informasi lengkap dan harganya bisa baca di artikel kami berikut : Daftar Harga Mesin Penetas Telur Otomatis

Begitu mudahnya membangun peluang bisnis penetasan telur bebek dan ayam bukan? Untuk itu, Anda tidak perlu ribet dalam menyediakan tenaga atau keahlian khusus dalam menjalankannya. Hal terpentingnya ialah, pastikan telah bekerja sama dengan peternak unggul agar hasil penetasan telur menjadi semakin maksimal.

Jangan lupa share ya