harga empat minum ayam otomatis

Tempat Minum Ayam Otomatis dan Manual

Posted on

Selain penetasan telur, perawatan ayam setelah penetasan juga menjadi prioritas utama , agar anak ayam dapat tumbuh sempurna hingga masa siap jual. Bahkan tata letak kandang serta pendistribusian makan dan air minum juga penting untuk diperhatikan. Salah satunya tempat minum ayam untuk pendistribusian air minum secara otomatis dan hemat tenaga.

Hal tersebut masuk mengacu pada menejemen beternak ayam yang sangat penting untuk anda ketahui.

Apalagi jika semakin banyak jumlah populasi ayam yang akan anda ternakkan, Maka keberadaan instalasi pendistribusian air yang efektif dan efisien semakin penting.

Anda harus ahli dan paham betul tentang menejemen pendistribusian air, agar tidak terlau memakan banyak biaya, waktu dan tenaga untuk mendistribusikan air ke seluruh penjuru kandang.

Dalam dunia peternakan terutama ayam, setidaknya kita mengenal ada 3 sitem pendistribusian air minum ayam entah itu ayam broiler maupun ayam pedaging. Diantaranya sistem terbuka (open system), sistem manual dan juga sistem tertutup menggunakan nipple.

Untuk perbedaanya bagaimana? Simak selengkapnya di bawah, karena kami juga akan berbagi beberapa jenis tempat minum ayam yang paling populer dan banyak digunakan oleh peternak Indonesia.

Baca juga : Daftar harga dan spesifikasi mesin penetas telur otomatis

3 Jenis Tempat Minum Ayam Paling Populer & Banyak Digunakan

Selain kualitas pakan Air juga salah satu kebutuhan yang wajib terpenuhi dengan baik untuk tumbuh kembang ayam. Setidaknya terdapat 2 poin penting yang dapat mempengaruhi kualitas air, yaitu sumber airnya dari mana serta sistem pendistribusian airnya bagaimana.

Tapi kali ini kami tidak akan terlalu banyak mengulas bagaimana sumber airnya tapi kami akan membahas tentang tempat minum ayamnya atau pendistribusian air agar dapat dengan mudah untuk minum ayam itu sendiri.

Di pasaran terdapat beberapa jenis alat untuk minum ayam, mulai dari bentuk gallon (manual), PVC (semi otomatis), hingga menggunakan nipple (sistem otomatis). Anda bisa pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan maupun anggaran dana yang dimiliki.

Yang jelas tempat minum yang akan digunakan tersebut harus terbuat dari bahan yang tidak beracun, warnanya menarik bagi ayam, tahan terhadap panas dan asam, mudah dibersihkan, dan tidak mudah pecah.

Berikut penjelasan dari beberapa model tempat minum ayam yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan baget yang anda miliki dalam usaha peternakan aanda saat ini.

1. Alat Minum Model Terbuka

Tempat minum ini menggunakan sistem manual yaitu bentuk galon dengan bahan PVC. Alat ini adalah yang paling popular dan banyak digunakan oleh setiap peternak ayam petelur maupun pedaging.

tempat minum ayam manual

Selain mudah untuk mendapatkannya, alat atau tempat minum ayam ini ternayta cukup efisien untuk mendistribusikan air keseluruh penjuru kandang, namun sayangnya anda harus mendistribusikannnya secara manual.

Kelebihan tempat minum ayam manual:

  • Mudah dibersihkan
  • Biaya pemasangannya rendah
  • Memiliki ukuran bermacam macam sesuai dengan kebutuhan ayam (umur ayam)
  • Terbuat dari bahan baku yang tidak akan mempengaruhi kinerja vitamin, obat maupun desinfektan untuk ayam
  • Sangat umum digunakan di peternakan
  • Memiliki aliran air yang lancar dan tidak mudah tersumbat

Kekurangannya:

  • Hanya efektif untuk peternak kecil dengan ayam kapasitas tidak lebih dari 1000 ekor
  • Kebersihan air sulit untuk dipertahankan karena ayam akan mengotori tempat minum (dengan cemaran feses atau sekam),
  • Anda harus membersihkannya setiap hari.
  • Biaya perawatan cukup mahal, karena Anda harus mengisi ulang air secara manual setiap hari
  • Boros dalam pemakaian air, karena Air minum beresiko sering tumpah oleh aktivitas ayam yang berlebihan.
  • Kadar ammonia dan bisa menyebabkan ayam mati karena air yang tumpah membuat litter kelembaban naik.

2. Tempat Minum Ayam Otomatis (TMAO)

Seperti namanya, tempat minum ayam ini akan bekerja secara otomatis yang akan meringankan beban anda sebagai peternak.

tempat minum ayam otomatis TMAO

Alat minum ayam ini mempunyai struktur kinerja mekanis, yang dapat menghentikan aliran air pada ketinggian permukaan level air tertentu. Tempat minum ayam otomatis ini juga dilengkapi dengan selang air dengan pipa penyalur air yang akan mendistribusikan air dengan sangat efektif keseluruh penjuru kandang.

Keunggulan:

  • Air akan tersedia selalu dalam keadan bersih dan segar
  • Pendistribusian air untuk ayam jadi lebih mudah
  • Mudah dalam pembersihan, karena tidak kan tercampur dengan feses ayam
  • Ayam tidak akan stress akibat aroma amoniak dna bau feses ayam karena air akan terdistribuskan dengan tepat dan tidak akan tumpah menegenai feses ayam yang sakan mengakibatkan liteter lembab meningkat

Kekurangan :

  • Biaya lebih mahal dibandingkan tempat minum ayam manual

3. Alat Minum Ayam Model Tertutup

niple tempat minum ayam

Alat minum ayam ini hadir dengan sistem tertutup yaitu menggunakan nipple drinker. Sistem ini memiliki beberapa keunggulan yang lebih bagus dibandingkan yang lainnya, karena selain pendistribusian air bisa dilakukan secara otomatis, menggunakan nipple juga membuat air tidak mudah terkontaminasi karena tertutup.

Terdapat beberapa jenis nipple untuk tempat air minum ayam yang dibedakan oleh laju atau kecepatan airnya, yaitu yaitu nipple high flow nipple dan nipple low flow nipple.

Keunggulan:

  • Tidak mudah bocor,sehingga tidak terjadi kelembapan berlebih
  • Lebih tertutup jadi aman dari kontaminasi
  • Dilengkapi dengan karet tahan asam, agar tidak mudah rusak dan awet tahan lama
  • Dapat akses dari segala arah, sehingga mempermudah ayam untuk minum
  • Selain itu bahannya terbuat dari stainless steel dan plastik berkualitas, jadi lebih awet serta lebih minim perawatan

Kekurangan:

  • Harga lebih mahal
  • Perawatan lebih rumit

Nah, sekarang keputusan berada ditangan anda mau pilih yang mana? Saran kami adalah Apapun pilihannya yang jelas selalu kalkulasi biaya usaha anda dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan maupun kapasitas ayam yang akan anda ternak.

Terimakasih dan salam sukses peternak Indonesia.