termometer ruangan

Termometer Ruangan Jenis Air Raksa dan Digital

Posted on

Saat ini, termometer ruangan menjadi kebutuhan penting dalam bidang tertentu. Jika Anda aktif melakukan berbagai macam eksperimen di laboratorium,  atau mungkin menjadi seorang dokter/perawat, tentu termometer bukanlah sesuatu yang jarang digunakan.

Kita tau fungsi termometer ruangan ini digunakan untuk mengukur dan mengetahui tingkat suhu pada objek tertentu, misalnya ruangan. Ketika Anda ingin mengetes atau mengetahui temperatur di dalam sebuah ruangan tertentu, termometer inilah yang dapat Anda gunakan untuk mengukur.

Pada umumnya, termometer ruangan memiliki beberapa macam kegunaan, baik dalam bidang laboratorium maupun lainnya. Jika Anda memiliki alat-alat elektronik, kebanyakan alat-alat tersebut dilengkapi dengan termometer,  sekalipun dalam bentuk yang berbeda.

Namun kali ini kita tidak akan membahas termometer yang umumnya digunakan di dunia medis, melainkan termometer untuk ruangan mesin penetas telur.

Terdapat sedikit perbedaan antara termometer yang digunakan pada umumnya (seperti laboratorium kesehatan) dengan termometer ruangan yang digunakan untuk alat ukur suhu ruangan mesin penetas telur. Umumnya, termometer yang digunakan untuk alat ukur suhu ruangan memiliki kisaran/rentang angka pengukuran lebih luas, misalnya -50° C hingga +50° C.

Untuk termometer yang digunakan pada sebuah ruangan biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, baik jenis, bentuk, maupun cara penggunaannya. Sedangkan termometer ruangan untuk mesin penetas telur sendiri memiliki dua macam tipe, yakni termometer air raksa dan termometer digital.

Mengenai kedua tipe ini sendiri masing-masing memiliki spesifikasi dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Jika Anda pernah menggunakan kedua tipe termometer tersebut, mungkin Anda tahu bagaimana perbedaannya.

Banyak orang mengatakan bahwa kedua tipe termometer ini memiliki tingkat keakuratan berbeda terhadap suhu yang diukur. Mungkin saja hal ini dipengaruhi oleh suhu yang berubah-ubah setiap waktunya, namun tidak menutup kemungkinan jika kualitas termometer yang digunakan juga berpengaruh terhadap hasil pengukuran, apalagi ketika digunakan pada saat yang bersamaan dan dalam satu ruang tertentu.

Baca juga : Cara mengatur suhu penetasan yang tepat

Jadi, antara termometer air raksa dengan digital ini manakah yang lebih akurat? Berikut dapat dilihat melalui kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apa Perbedaan Termometer Ruangan Air Raksa dan Digital ?

Termometer Ruangan Jenis Air Raksa

termometer ruangan jenis air raksa

Sesuai namanya, termometer jenis ini menggunakan air raksa atau merkuri sebagai alat ukurnya. Air raksa ini berguna ketika alat termometer digunakan maka air raksa dengan sendirinya akan naik sampai pada angka tertentu. Dari sini kita dapat melihat tingkat suhu melalui angkat pada pipa kapiler yang dicapai oleh air raksa.

Mengapa bisa demikian? Air raksa merupakan dzat yang mudah memuai ketika terkena pengaruh suhu panas. Hal inilah yang kemudian air raksa dapat naik pada tabung kaca. Jika suhu turun maka air raksa akan kembali turun, bergantung seberapa besar suhu itu turun.

Air raksa pada termometer tidak dapat turun hingga dasar (seperti semula) secara langsung, sekalipun suhu yang diukur turun drastis. Sebab, adanya konstraksi pada termometer ketika digunakan dapat menghambat turunnya air raksa seperti semula. Untuk mengembalikannya seperti semula, caranya kita harus mengibas-ibaskan termometer dengan rentang waktu 2 hingga 3 menit sampai air raksa benar-benar kembali seperti semula.

Kelebihan Termometer Ruangan Jenis Air Raksa:

  • Harga lebih murah dan terjangkau daripada termometer digital
  • Hasil pengujian pasti (tidak mudah berubah-ubah)
  • Tidak perlu menggunakan energi baterai

Kekurangan:

  • Waktu pengukuran lebih lama daripada thermometer digital
  • Tidak dapat mengukur suhu yang relatif rendah
  • Air raksa merupakan zat kimia yang berbahaya ketika terjadi kebocoran
  • Tidak dilengkapi alarm sebagai tanda/notifikasi pengukuran suhu

Termometer Ruangan Model Digital

termometer ruangan jenis digital

Berbeda dengan termometer air raksa, termometer ruangan semacam ini telah dibekali dengan fitur yang lebih modern. Tingkat suhu atau angkanya ditampilkan melalui layar kecil yang disediakan. Terlebih, desain dan model termometer digital lebih spesifik dan menarik.

Kalau pada termometer sebelumnya menggunakan bahan air raksa sebagai perantara ukurnya, untuk termometer digital ini menggunakan logam. Bagaimana logam dapat menentukan tingkat suhu pada objek tertentu?

Logam di sini adalah sebagai alat sensor suhu, pemuaian yang terjadi kemudian diproses melalui perangkat elektronik yang telah disusun supaya menghasilkan data. Data ini kemudian ditampilkan melalui layar yang dapat Anda baca secara langsung.

Termometer ruangan digital ini sendiri sudah dilengkapi dengan memori penyimpanan data. Tujuannya untuk menyimpan data suhu sebelumnya dan sesudahnya. Jadi, termometer digital ini juga dapat difungsikan sebagai alat pembanding suhu ruangan. Misalnya perbandingan suhu ruangan pada siang dan malam hari, atau perbandingan suhu sebelum dan sesudah meminum obat.

Termometer ini memang banyak dibelaki fitur-fitur lebih daripada termometer ruangan jenis air raksa. Sekalipun harganya lebih mahal dengan spesifikasi yang baik, bukan berarti termometer ruangan model digital ini lebih akurat dari air raksa ketika digunakan untuk mengukur suhu.

Kelebihan:

  • Data yang dihasilkan lebih cepat dari termometer air raksa. Termometer ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk menampilkan data pada layar
  • Bentuknya yang fleksibel dan beragam cocok digunakan untuk berbagai macam kebutuhan
  • Dilengkapi fitur alarm yang dapat memberi notifikasi mengenai pengukuran
  • Angka pengukuran ditampilkan melalui layar, sehingga tampak jelas. Sekalipun digunakan pada ruangan yang gelap, termometer model digital ini telah dilengkapi penerangan.
  • Lebih aman ketika digunakan

Kekurangan Termometer Ruangan Jenis Digital:

  • Harga relatif lebih mahal. Sebab fitur-fitur yang dimiliki lebih baik daripada termometer ar raksa.
  • Memerlukan baterai sebagai penyuplai energi agar termometer dapat berfungsi

Setidaknya dengan membaca spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan pada masing-masing tipe termometer di atas, Anda dapat membandingkan mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengenai keakuratannya sendiri, terdapat riset yang pernah dilakukan untuk menentukan keakuratan termometer dengan judul “Hottest Fever Thermometers” (Consumers Reports, Nov 2011, Vol. 76 Issue 11, P7-7). Dalam riset tersebut dikatakan bahwa peluang ketidakakuratan termometer ruangan terbilang sangat kecil.

Berikut ini perbandingan hasil antara termometer tipe air raksa dengan termometer tipe digital.

Perbandingan termometer ruangan jenis air raksa dan digital

Sumber : medicalogy.com

Jadi lebih akurat mana antara termometer digital dan air raksa ?

Ada beberapa pengguna yang mengatakan bahwa termometer ruangan air raksa lebih akurat dibanding termometer digital. Hal ini mungkin dipengaruhi bahwa cara pengukuran pada termometer air raksa adalah dengan cara alami, sehingga hasil ukurnya lebih sesuai dengan objek yang diatur.

Namun bukan berarti termometer digital benar-benar tidak akurat, sebab mungkin saja ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketidakakuratan termometer tipe ini. Banyak yang mengatakan bahwa faktor baterai menjadi penentu keakuratan termometer digital.

Lemahnya baterai pada termometer digital dapat mempengaruhi kinerja termometer. Alhasil, thermometer digital ketika digunakan tidak berfungsi dengan baik.

Begitu juga dengan termometer tipe air raksa, ada kalanya zat yang digunakan mungkin bisa kadaluarsa.  Ini juga dapat mempengaruhi ketidaksesuaian antara tingkat suhu pada angka termometer dengan tingkat suhu nyata.

Maka dari itu, kedua tipe termometer ini tidak sepenuhnya dapat dikatakan bahwa yang satu lebih akurat dibanding yang lain. Apabila Anda menggunakan termometer air raksa, gunakanlah yang produk yang baru atau masih dalam kondisi yang baik. Tapi jika Anda menggunakan termometer digital, sering-seringlah mengganti baterai secara berkala untuk menjaga kinerja termometer tetap maksimal.

Apabila Anda masih ragu dengan keduanya, mungkin tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan kedua tipe termometer tersebut. Tujuannya untuk memastikan suhu ruang mesin penetas telur benar-benar sesuai yang dibutuhkan.

Kalau boleh rekomendasi, termometer jenis digital sangat tepat untuk mesin penetas telur otomatis ataupun manual. Sebab termometer ini memiliki sensor tersendiri, selain itu termometer digital sudah bisa dipasang langsung pada mesin tetas lengkap dengan termostat digital juga.

Jadi saat membeli mesin tetas, Anda tidak perlu repot lagi membeli termometer.

Berapa Harga Jual Kedua Termometer Ruangan itu?

Harga termometer digital dan air raksa sangat murah, harga berkisar 25rb-50rb. Toko offline ataupun online juga sudah banyak yang menjual, bahkan termometer juga mudah di temukan di beberapa apotik.

Kalaupun sulit mendapatkannya, kami penetasan.com juga menyediakan termometer ruangan  jenis air raksa ataupun digital. Silahkan kontak kami untuk pemesanannya.

Jangan lupa share ya