thermostat kapsul sederhana

Termostat Kapsul Sederhana

Posted on

Ingin membuat mesin penetas telur sederhana? Komponen ini sangat Anda perlukan, yaitu termostat kapsul sederhana.

Apa itu Termostat?

Awal kemunculan thermostat ini pertama kali digunakan untuk mengatur suhu pada suatu inkabulator telur. Sejak diciptakannya thermostat merkuri oleh Cornelis Drebbel pada periode tahun 1572-1633, kini thermostat telah banyak mengalami perkembangan seiring dengan kebutuhan di berbagai bidang. Lalu, apa itu thermostat?

Mungkin sebagian dari Anda telah mengenal alat pengatur suhu yang satu ini. Thermostat berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos yang berarti panas, dan statos yang berarti tidak berubah. Definisi umumnya, thermostat adalah sebuah alat yang biasanya digunakan untuk mengatur kestabilan suatu temperatur atau suhu pada sebuah ruangan tertentu.

Jadi, thermostat ini merupakan alat yang biasa digunakan untuk menyeimbangkan suhu di sebuah tempat tertutup sesuai dengan yang diharapkan oleh operator. Sebenarnya, kita telah banyak menggunakan alat-alat yang memiliki mesin sejenis thermostat ini, misalnya AC, setrika, lemari es, rice cooker, hingga mesin penetas telur.

Termostat Kapsul Sebagai Alat Penetas Telur

Dalam perkembangannya, mesin penetas telur kini telah banyak diminati banyak orang, khususnya para peternak semacam ayam, bebek/itik, angsa, hingga puyuh. Kemudahannya dalam penggunaan sebagai alat penetas telur ini terkesan lebih efektif dan efisien. Sebab, alat tersebut dapat berjalan secara otomatis tanpa harus melakukan banyak sistem pengaturan.

Termostat berjenis kapsul atau yang seringkali kita kenal dengan nama termostat wafel adalah mesin penetas telur yang pada umumnya banyak digunakan. Sebenarnya thermostat mesin penetas telur juga tersedia versi digital, hanya saja penggunaan thermostat pada mesin penetas telur ini masih dominan yang kapsul.

Termostat kapsul sendiri terbilang lebih murah ketimbang versi digitalnya. Hal inilah kemudian menjadikan termostat jenis kapsul banyak diminati. Selain itu, alat yang satu ini cara penggunaannya juga relatif mudah.

Cara kerja termostat kapsul sangat sederhana. Alat ini cukup beroperasi secara elektro-mekanikal yang berjalan dengan sistem pemuaian cairan eter yang terdapat di dalam kapsul. Adapun kapsul yang dimaksud adalah lingkaran berwarna hitam seperti yang Anda lihat pada gambar.

Bagaimana Cara Kerja Termostat Kapsul?

Alat ini beroperasi dengan memanfaatkan suhu yang kemudian diatur sebagai penyeimbangan melalui kapsul. Penyeimbangan tersebut dilakukan dengan mengatur penyalaan dan pemadaman elemen pemanas seperti bohlam sebagai sumber pemanas dalam termostat kapsul.

Sederhananya, ketika termostat kapsul diaktifkan dalam sebuah wadah/ruangan, maka akan terjadi peningkatan suhu di tempat tersebut. Ketika suhu mulai memanas, secara otomatis kapsul akan mengembang dan menekan microswitch sehingga lampu pemanas mati. Begitu pula ketika suhu mulai mendingin, secara otomatis kapsul akan mengempis dan melepaskan tekanan terhadap microswitch hingga dapat menyalakan lampu pemanas kembali.

Untuk menyesuaikan suhunya sendiri, Anda dapat mengatur seberapa besar suhu yang dibutuhkan. Caranya adalah mengatur jarak antara kapsul dengan microswitch. Anda tinggal memutar skrup atau mur yang ada untuk menentukan jarak tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan suhu yang tinggi, jauhkan jarak antara kapsul dengan microswitch. Begitupun sebaliknya, dekatkan antara kapsul dengan microswitch apabila ingin mengatur suhu yang rendah.

Secara fisik, termostat jenis kapsul terdiri dari beberapa bagian:

  • Dudukan/kerangka
  • Kapsul
  • Kabel
  • Mikroswitch

Ketika Anda membeli termostat jenis kapsul sebagai alat penetas telur, perlu beberapa hal yang harus diperhatikan. Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah ketika orang membeli alat ini tidak mengecek alat terlebih dahulu alias langsung beli. Sangat disarankan bagi Anda sebelum membeli termostat kapsul untuk memperhatikan bagian dudukan/kerangkanya.

Mengapa? Ketika alat ini digunakan dalam jangka waktu yang relatif panjang, maka bagian yang paling mendasar adalah kerangkanya. Termostat ini memiliki dua tipe kerangka, yaitu kerangka berbahan besi dan plastik. Kebanyakan memang termostat yang dijual berbahan plastik. Sayangnya, bahan plastik memiliki sifat lentur (defleksi), yang ketika digunakan dapat mempengaruhi fluktuasi suhu sehingga pengaturannya tidak akurat. Dengan demikian, pilihlah kerangka termostat jenis kapsul yang berbahan dari lempengan besi, supaya dapat menahan suhu panas. Dengan kerangka besi ini thermostat mudah diatur ketika Anda gunakan.

Ada beberapa pula resiko yang kemungkinan terjadi pada termostat jenis kapsul ini. Apabila kualitas mesin tidak terlalu bagus, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan sistem, khususnya pada bagian kontak microswitch. Microswitch yang buruk besar kemungkinan akan terjadi percikan api ketika terjadi penekanan dari kapsul.

Hal ini dapat mempengaruhi kegagalan penetasan pada telur. Di sisi lain, ada kemungkinan pula di bagian kapsul atau wafel dan kabelnya. Alat sensor suhu panas ini berpeluang bocor ketika mendapat kesalahan dalam pengaturan tertentu. Sedangkan kabel yang memiliki kualitas buruk akan kadaluarsa dalam waktu dekat.

Apabila mesin penetas yang akan Anda gunakan dalam waktu yang relatif lama, maka pilihlah mesin thermostat yang kualitasnya baik.

Cara Menggunakan Termostat Kapsul

Cara pengaturan alat termostat kapsul ini sangat mudah dilakukan, karena inti sistem operasi thermostat sendiri hanya memutus dan menghubungkan arus penyuplai energi dengan elemen pemanas. Cara penempatan termostat kapsul pada sebuah ruangan/tempat dapat diletakkan dimana saja, baik depan, belakang, atau samping asalkan masih berada di dalam ruangan tempat tersebut. Dan yang paling penting adalah tidak berada tepat di bawah elemen pemanas seperti bohlam.

Untuk pengaturannya sendiri sebagaimana penjelasan di atas, Anda hanya cukup memutar skrup atau mur yang terdapat pada thermostat kapsul tersebut sesuai dengan besarnya suhu yang dibutuhkan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengatur suhu agar thermostat mampu mengatur temperatur yang ideal bagi telur dalam ruangan tersebut.

  • Pertama

Gunakanlah elemen pemanas berupa lampu pijar/bohlam atau heater yang mampu menghasilkan suhu panas lebih dari target yang ditentukan. Misalnya ketika Anda menentukan temperatur suhu berkisar 38° C dalam ruangan, pastikan bahwa elemen pemanas yang digunakan mampu menyuplai suhu panas lebih dari 38° C. Hal ini dimaksudkan agar pengaturan suhu oleh thermostat kapsul dapat akurat dan stabil dalam jangka waktu yang panjang. Di luar itu, pengaturan semacam ini juga dapat menyeimbangkan suhu ketika Anda membuka ruangan tersebut saat akan mengambil/memasukkan telur.

  • Kedua

Mengaktifkan mesin termostat hingga tingkat suhu panas sampai target yang sebelumnya telah ditentukan. Biasanya, kecepatan dari suhu semula ke suhu panas ditentukan oleh pengaturan dan luas ruang yang digunakan. Untuk mengetahui apakah suhu panas telah mencapi target yang ditentukan,  Anda dapat memanfaatkan thermometer sebagai alat ukurnya.

Setelah Anda memastikan tingkat suhu termostat kapsul yang pas dengan bantuan thermometer, Anda tinggal mengatur skrup atau mur dengan cara memutarnya sampai kapsul dapat menekan mikroswitch. Mungkin akan ada kendala dengan pengaturannya,  sebab alat thermostat kapsul yang digunakan untuk menetaskan telur ini berada dalam wadah atau ruangan tertutup. Jadi, supaya cara pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mudah, Anda cukup memberikan lubang kecil pada ruangan tersebut agar Anda dapat memutar skrup atau mur dari luar.

Berapa Harganya?

Harga jual termostat ini sangat murah, cukup dengan harga Rp. 60.000,-.

Jadi tidak perlu modal besar bukan untuk membuat mesin penetas telur sederhana? Silahkan kontak kami untuk memesan termostat jenis kapsul ini.