thermostat digital untuk mesin penetas telur otomatis

Thermostat Digital Sederhana

Posted on

Thermostat digital penetas telur otomatis-Saat ini Kecanggihan teknologi semakin hari semakin menakjubkan. Berbagai macam kegiatan sudah dipermudah dengan teknologi canggih dan modern seperti halnya menetaskan telur ayam. Siapa yang menyangka kalau menetaskan telur ayam sekarang ini tidak perlu induknya lagi dan sudah diciptakan mesin penetas telur yang bisa membantu menetaskan telur dengan efektif.

Saat proses penetasan banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti faktor kelembaban, kondisi telur dan yang paling utama adalah faktor suhu ruangan.

Suhu memang sangat penting dan menjadi salah satu faktor yang harus terus di kontrol selama proses penetasan. Sebab apabila melebihi standart suhu yang dibutuhkan telur ayam, bebek, itik dan unggas lainnya, Proses penetasan tidak akan berhasil  100%.

Untuk mencapai tujuan tersebut, mesin penetas telur dilengkapi alat bantu untuk mengatur suhu ruang agar tetap stabil dan membantu telur untuk menetas dengan baik. Alat tersebut adalah thermostat digital.

Apa itu Thermostat Digital?

Thermostat di ambil dari bahasa Yunani Kuno Thermo dan Satos. Thermo sendiri memilik arti panas, sedangkan Satos artinya status quo atau arti mudahnya tetap sama. Jadi apabila diartikan secara bahasa, Thermostat artinya untuk menjaga panas agar tetap stabil atau sama.

Thermostat memiliki cara kerja yang dapat memutuskan dan menyambungkan kembali arus listrik saat terjadi perubahan suhu ruangan sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah diatur sebelumnya.

Jadi Apabila suhu ruangan terlalu dingin, maka Thermostat terus menyalakan pemanasnya untuk meningkatkan suhu, begitu juga sebaliknya kalau suhu ruangan terlalu panas. Sehingga kebutuhan suhu ruangan yang diinginkan tetap stabil.

Thermostat sering digunakan pada kulkas, oven, setrika, AC dan elektronik lainnya. Jadi thermostat ini sangat berguna sekali bagi Anda yang ingin membuat mesin penetas telur. Sebab mesin penetas sangat membutuhkan thermostat guna menjaga suhu tetap stabil.

Thermostat juga memiliki sejarah, alat ini pertama ditemukan pada abad ke-17 oleh Cornelis Drebbel, yang merupakan seorang inovator dari Belanda. Seiring perkembangan zaman, membuat Thermostat ini juga terus berkembang menjadi lebih baik.

Tahun 1830 di mana seorang Andrew Ure yang merupakan ahli kimia berasal dari Skotlandia telah berhasil membuat Thermostat Modern pertama yang menggunakan BI-Metalic. Alat ini juga sudah digunakan guna mengatur suhu pada mesin produksi. Dan dari sinilah, Thermostat terus berkembang menjadi thermostat kapsul sampai digital dan tetap memiliki cara kerja yang sama.

Keunggulan Thermostat digital

  • Tidak perlu termometer untuk mengetahui suhu ruangan, sebab sudah terdapat sensor tersendiri
  • Lebih mudah didapatkan
  • Lebih awet dan tidak mudah rusak
  • Pengaturan suhu lebih akurat
  • Bisa digunakan untuk mesin penetas manual ataupun otomatis
  • Tidak hanya untuk mesin penetas, thermostat jenis ini juga bisa untuk alat pemanas ayam ataupun alat pemanas lain yang membutuhkan pengaturan suhu agar tetap stabil.

Spesifikasi Thermostat Digital

thermostat digital 220V

Tipe=>W3001

Tegangan=>AC 220 V, jadi bisa langsung ke PLN 220v tanpa perlu adaptor

Max alat Yang dapat di kontrol=>AC 220 V , 1500 W

Suhu Kerja=> -50 sampai 110 C

Tingkat ketelitian=> 0.1 C

Ukuran=> 60x45x31 mm

Warna=>Putih

Bagaimana Cara Memasang dan Settingnya?

Saat ini thermostat jenis digital sudah banyak dijual dipasaran dengan berbagai tipe. Jadi Anda tidak perlu lagi ribet atau mencari cara bagaimana membuat thermostat digital yang sederhana.

Kami penetasan.com juga menjual thermostat digital sederhana dan simple dengan harga yang terjangkau. Silahkan kontak kami untuk mendapatkannya.

Setelah thermostat sudah Anda dapatkan, tahap selanjutnya yaitu memasang pada mesin penetas telur yang sudah Anda buat sebelumnya. Berikut cara memasang thermostat digital

  • Sambungkan kabel thermostat digital terlebih dahulu, rangkaiannya seperti gambar dibawah ini

rangkaian thermostat digital

Gambar rangkaian thermostat digital

  • Setelah semuanya siap, tinggal mengatur suhu, pertama atur suhu startrnya terlebih dahulu dengan cara tekan dan tahan tombol up pada thermostat digital sampai layar berkedip. Kemudian atur suhu sampai 380
  • Setelah mengatur suhu awal, kita atur suhu stopnya dengan cara tekan dan tahan tombol down sampai layar berkedip, kemudian atur suhunya. Untuk suhu terendah Anda bisa mengaturnya 37,50

Termostat digital sudah siap bekerja, jadi saat dinyalakan thermostat akan memustuskan arus listrik bohlam ketika suhu sudah mencapai 380, kemudian suhu akan turun sampai 37,50 dan arus listrik bohlam akan dinyalakan kembali.

Thermostat akan terus berkerja seperti ini sampai telur siap menetas. Jadi Anda tidak perlu kawatir lagi. Suhu ruang akan tetap stabil selama thermostat tidak eror.

Apa Perbedaan Thermostat Kapsul dan Thermostat Digital ?

Selain thermostat digital, diluar sana juga banyak beredar thermostat kapsul. Apa itu thermostat kapsul? Apa cara kerjanya juga sama seperti digital?

Cara kerjanya tetap sama yaitu memutuskan dan menghubungkan kembali arus listrik untuk menstabilkan suhu. Namun thermostat kapsul memiliki cara yang berbeda.

Thermostat kapsul memiliki kapsul yang terbuat dari lempengan kuningan dan tembaga berbentuk bulat dengan ketebalan 0,5-0,8 mm dan diameternya 6-6,5 cm. Selain itu terdapat juga swicth kontrol atau saklar dibawahnya.

Jadi saat kapsul ini nanti terkena panas akan mengembang dan menyentuh saklar dibawahnya untuk memutuskan arus listrik bohlam. Dan akan mengempis kembali saat suhu dingin untuk menghubungkan kembali arus listrik.

Cara mengatur suhu dengan thermostat ini juga sangat simple, cukup dengan memutar baut penyangga kapsul kekiri untuk menaikkan suhu dan begitu juga sebaliknya apabila mau menurunkan suhu.

Namun ada satu kekurangan, Thermostat kapsul membutuhkan termometer saat mengatur suhu maksimal dan suhu rendahnya. Sebab thermostat yang satu ini tidak memiliki sensor sendiri seperti yang digital tadi.

Mana yang lebih efektif?

Keduanya sama-sama efektif, perbedaanya hanya saat mengatur suhu awalnya saja. Thermostat digital tidak perlu termometer untuk mengukur suhu, kelebihan ini lah yang membuat alat ini lebih banyak peminatnya.

Meskipun begitu masih banyak juga peminat thermostat kapsul, sebab banyak peternak telur yang membuat sendiri mesin penetas telur sederhana dan menggunakan thermostat kapsul untuk mengatur suhunya.

Jadi keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Harga Thermostat Digital di Penetasan.com

Thermostat digital kami jual dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak akan menguras banyak biaya. Jadi Anda bisa meminimalisir modal kalau mau membuat mesin penetas terlur sendiri.

Info harga dan pemesanan silahkan kontak kami ya.

Baca juga : Daftar komponen penetas telur otomatis